KSBM Biak Sukses Kirim 13,3 Ton Ikan Segar, Wujud Dampak Positif Program Kalamo

virprom.com – Koperasi Produksi Biner Majo Sambar (KSBM) di Biak, Perkampungan Nelayan Modern (Kalamo), berhasil mengirimkan 13,3 ton ikan segar ke Semarang. Pendistribusian ini merupakan yang pertama kali dilakukan KSBM dan merupakan langkah awal penting dalam perluasan pasar dalam negeri.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Vahiyo Terengunu mengatakan keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa program Kalamu memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir.

“Sejak diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) pada November 2023 lalu, banyak capaian positif yang telah diraih. Meski butuh proses untuk mencapai tahap tersebut, saya optimis Kalamu Biak akan mewujudkannya. .Terus berkembang.”

Baca juga: Jokowi berharap kerja sama Indonesia-Ghana meningkatkan produksi vaksin di Ghana

Terengnu mengingatkan KSBM untuk terus meningkatkan produksinya untuk memenuhi target 16 ton ikan per bulan.

Ia mengatakan, “Saya merasa bersyukur dan bangga program Kalamu berjalan dengan baik melalui KSBM. Terima kasih kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat yang telah memperkuat kelembagaan koperasi dan dunia usaha melalui program perusahaan perikanan serta berbagai pihak yang telah mendukung, mendukung kegiatan tersebut. “

Trengono menjelaskan, pengembangan Kalamu bertujuan untuk meningkatkan produktivitas nelayan dan mendukung kebijakan perikanan yang terukur.

Baca juga: Kisah Sape, Nelayan Diangkat Menjadi Anggota DPRD Parepare dengan Puluhan Perahu

Dijelaskannya: Kami merenovasi wajah desa nelayan tradisional dengan berbagai fasilitas perikanan untuk meningkatkan produktivitas, pemberdayaan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi. Meningkatkan distribusi produk perikanan

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor (Kadis KP) Effendi Igirisa mengatakan penyerahan tersebut merupakan tonggak penting bagi KSBM untuk memperkuat distribusi produk perikanan berkualitas ke seluruh Indonesia.

“Ini bukti Kalamo Biak bisa menyuplai ikan segar berkualitas tinggi ke konsumen luar daerah,” ujarnya usai pelepasan produk perikanan dari Zona Kontainer PT Plindo Biak.

Baca Juga: Pelindo Petikemas Raih 10 Career Awards 2024 di Naker Fest 2024

Effendi optimis kegiatan ini akan mendorong KSBM untuk mempercepat pemasaran produk perikanannya dan menjadi bukti keberhasilan program Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui Kalamu.

Pengiriman perdana tersebut meliputi 14 jenis ikan tuna, cakalang, marlin dan ikan karang lainnya. Ikan-ikan ini dikemas dan didistribusikan dengan standar kualitas tinggi untuk menjamin kesegarannya hingga mencapai tujuan. Dengarkan berita terkini dan berita kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top