Serangan Israel Tewaskan Tokoh Hizbullah di Suriah, Adham Jahout

QUNEITRA, virprom.com – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pada Rabu (10/9/2024) bahwa pasukannya membunuh agen Hizbullah Adham Jahut di Suriah.

Angkatan Udara Israel menunjuk Jahout sebagai perantara yang menyampaikan informasi kepada Hizbullah dari sumber-sumber rezim Suriah.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan serangan udara itu dilakukan di wilayah Quneitra di barat daya Suriah, dekat Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Baca Juga: Israel Serang Damaskus, Suriah Disebut Kejahatan Brutal, Saksi: Seperti Kiamat

Para pejabat Israel jarang mengomentari serangan individu di Suriah, namun berulang kali mengatakan mereka tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, memperluas kehadirannya.

Pengumuman serangan udara tersebut disampaikan beberapa jam setelah panglima militer Israel, Harzi Halevi, bersumpah untuk terus menyerang Hizbullah.

Dia mengatakan serangan akan terus mencegah kelompok tersebut berkembang, kantor berita AFP mengutip pernyataannya.

Baca juga: Serangan Israel telah memblokir jalur utama warga sipil Lebanon untuk melarikan diri ke Suriah. Mengingat serangan Israel terhadap Hizbullah telah mendorong hampir 240.000 orang mengungsi ke Suriah, serangan Israel di Suriah telah melukai 7 tentara pro-Iran.

Hizbullah secara historis mengandalkan sekutunya, Suriah, untuk mengangkut senjata dan peralatan lainnya dari sponsor utamanya, Iran.

Iran dan Hizbullah di Lebanon juga merupakan sekutu terpenting pemerintah Suriah dalam perang saudara yang telah berlangsung selama satu dekade di negara tersebut.

Baca juga: 19 Warga Suriah Tewas dalam Serangan Israel di Lebanon Simak beritanya langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top