Atap Ambruk di Venue Tembak PON Aceh-Sumut, Menpora Sebut Faktor Cuaca

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Areotejo, Selasa, memberikan pernyataan terkait ambruknya atap venue olahraga menembak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Aceh Besar, Aceh . (17/9/2024).

Dito mengatakan, atap ambruk akibat cuaca buruk.

Cuma ada kejadian miris, ada kebocoran kecil pada atap lokasi penembakan karena hari ini cuaca ekstrem dimana curah hujan di atas 100, kata Ditto di Gedung MPR/DPR Jakarta, Selasa. (17/9/2024).

Baca Juga: Saluran pembuangan jebol dan banjir di lokasi syuting, pertandingan terhenti

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, atap tempat itu roboh karena ada ketidaksesuaian.

“Tapi alhamdulillah saat kejadian itu bukan di pertandingan dan bukan di tempat latihan atau tempat bermain. Jadi tempat menunggu para atlet,” ujarnya.

Menurut Dito, kejadian tersebut langsung diperbaiki oleh Kementerian PUPR.

“Dan saat ini PUPR sedang menjalankan proses perbaikan segera,” kata Ditto.

Runtuhnya atap venue olahraga menembak PON XXI Aceh-Sumut terjadi pada Selasa (17/9/2024) pukul 09:00 WIB.

Dari video yang dikirimkan atlet kontingen Jatim, Rafi Arofah Dirgantari, terlihat beberapa atlet dan staf merekam kondisi gedung yang bocor.

Baca juga: Pengerjaan Lapangan Tembak PON XXI di Aceh Belum Rampung

Atap venue ambruk akibat diguyur hujan secara tiba-tiba. Beberapa atlet dan staf lari sambil berteriak.

“Jadi lapangannya dibelah dua, yang roboh habis pertandingannya. Nah, dampaknya ke lapangan sebelah. Ada pertandingan di lapangan sebelahnya. para atlet untuk latihan atau sekedar istirahat sambil atapnya ambruk, alhamdulillah,” kata Rafi saat dihubungi, Selasa.

Saat kejadian, kata Rafi, kondisi cuaca di Kota Aceh sedang hujan lebat disertai angin kencang. Faktanya, lapangan tembak saat ini berada di bawah air.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (CONI Pusat) Letjen TNI Purna Marciano Norman mengatakan, atap lokasi syuting ambruk akibat cuaca buruk.

“Hujan ini tergolong ekstrim, juga anginnya sangat kencang sehingga ada bagian saluran air yang tidak bisa menahannya hingga pecah,” kata Marciano dalam jumpa pers di media center PON wilayah Aceh. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top