Anies Kian Dekat dengan PDI-P Menuju Pilkada, Cak Imin: Semoga Lancar

BADUNG, virprom.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar angkat bicara soal pengusutan Anies Baswedan dan PDI Perjuangan (PDI-P) pada Pemilihan Umum Daerah (PIlkada) Jakarta 2024.

Dia berharap penyidikan antara Anies dan PDI-P berjalan lancar.

“Ya, semoga semuanya berjalan lancar,” kata Muhaimin singkat di Nusa Dua Convention Center Bali di Badung, Bali, Sabtu (24 Agustus 2024).

Ia mengatakan, saat ini PDI-P mempunyai opsi terbuka untuk mengajukan calon gubernur (bacagub) dan calon wakil gubernur (bacawagub).

Baca juga: Cak Imin Akui Peserta Kongres PKB Beri Review Aturan kepada Prabowo, Apa Itu?

Pasalnya, Mahkamah Konstitusi (CJC) mengabulkan uji materi atas kasus tersebut dan mengumumkan ambang batas pencalonan gubernur dan wakil gubernur akan disesuaikan dengan nomor daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing provinsi.

Berdasarkan keputusan tersebut, partai politik (partai) atau gabungan partai politik dapat mencalonkan gubernur dan wakil gubernur jika mereka memperoleh 7,5% suara pada pemilu legislatif Jakarta sebelumnya.

Sementara itu, sebelum putusan Mahkamah Konstitusi berlaku, undang-undang (UU) pemilu daerah mengatur bahwa calon harus memperoleh 20% kursi DPRD provinsi atau 25% suara sah pada pemilu legislatif sebelumnya.

Sedangkan PDI-P meraih 850.174 suara atau 14,01% pada pemilu legislatif DKI Jakarta 2024.

“Iya, dengan putusan MK berarti PDi-P bisa mandiri,” kata Muhaimin.

Baca juga: Menko Polhukam Hadiri Kongres PKB, Cak Imin: Turunan Kiai, Sakti, Lanjutkan Jadi Menteri

Diketahui, Anies mendatangi kantor DPD PDI-P DKI di Jakarta siang tadi. Diakuinya, proses kerja sama antara dirinya dan PDI-P masih terus berjalan.

“Prosesnya masih berjalan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sempat menyatakan keberatannya jika partainya mencalonkan diri di Pilkada DKI Jakarta Anie kali ini.

Ia tampak memberikan syarat apakah Anies akan mematuhi perintah partai jika akhirnya diberi tiket untuk memperebutkan kursi DKI 1.

Di sisi lain, Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta Ady Wijaya menyebut akan memberikan jembatan bagi Anies untuk berkomunikasi dengan Megawati. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top