Kapan Waktu yang Tepat Ganti Filter Oli Mobil?

SOLO, virprom.com – Filter oli mobil merupakan bagian penting dalam sistem pelumasan mesin.

Namun jika filter digunakan maka akan terisi kotoran sehingga filter menjadi rusak.

Oleh karena itu, filter oli harus diganti secara berkala untuk menghindari penyumbatan yang dapat mengganggu aliran oli ke seluruh bagian mesin.

Baca Juga: Awas Kopling Terbakar Akibat Kerusakan Kopling

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan penggantian filter mesin mobil dilakukan setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali.

“Penggantian oli pada filter itu berarti buku manual mobil pribadi, biasanya diganti setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali, mana yang lebih dulu. Atau bersamaan dengan penggantian oli mesin,” kata Iwan, Rabu (8/9/2024).

Iwan juga mengatakan, jika lalai mengganti oli bisa membuat oli tersumbat karena tersumbat dan mesin bisa rusak.

Makanya selain jarak tempuh juga harus diperhatikan tanda-tanda mesinnya, mungkin sudah waktunya ganti tapi filternya sudah aus, kata Iwan.

Ia juga mengatakan, filter bahan bakar sulit diperiksa secara visual karena letaknya di depan.

“Ada baiknya untuk mengganti filter setiap kali mengganti oli karena filter oli lebih murah,” ujarnya.

Baca juga: MG Motor Indonesia Luncurkan SUV Baru

Sementara itu, Muchlis, pemilik bengkel khusus Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan penggantian filter oli bisa dilakukan setiap 5.000 kilometer atau enam bulan sekali.

Cara paling mudah adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin, minimal setiap 5.000 km atau enam bulan sekali, mana yang lebih dulu sebaiknya segera diganti, kata Muchlis.

Muchlis juga mengatakan, saat hendak mengganti oli mesin, biasanya warnanya menjadi hitam.

Dengan mengikuti jadwal penggantian oli sesuai anjuran pabrikan, diharapkan mesin dapat bertahan lebih lama dan performa mobil tetap dalam kondisi baik. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top