Wacana Motor Wajib Rem ABS, Ini Kata AHM

JAKARTA, virprom.com – Perbincangan pemerintah mengeluarkan aturan yang mewajibkan sepeda motor memiliki sistem pengereman anti-lock (ABS) mencuat belakangan ini.

Salah satunya, Ketua Subkomite Angkutan Jalan Komite KNKT Ahmed Wilden, mengusulkan usulan tersebut dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan fatal bagi pengguna kendaraan roda dua.

“Ini memang yang ingin kami sampaikan, kami akan usulkan dalam pembahasan perubahan PP 55 Tahun 2012 tentang kendaraan diubah,” kata Wilden baru-baru ini kepada virprom.com.

Baca Juga: CFMoto 150 SC Segera Meluncur, Saingan NMAX & PCX

Wilden mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun retorika untuk mengubah PP 55 Tahun 2012 yang sudah terlalu ketinggalan jaman. Namun, dia belum bisa memastikan kapan masalah tersebut akan disampaikan ke DPR.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi mengatakan pihaknya menunggu arahan pemerintah untuk mendukung skema tersebut.

“Karena itu ada hubungannya dengan keamanan. “Dan banyak sekali faktor penyebab terjadinya kecelakaan, sepeda motor salah satunya, dan ketahanan pengereman menjadi salah satu hal yang perlu ditingkatkan,” kata Okta di Bekasi (23/8/2024).

Baca Juga: Polytron T-Rex akan berganti nama menjadi Fox 500, akan diluncurkan pada akhir tahun 2024

“Kami tunggu instruksi dan dukungan konkritnya. “Karena yang mempengaruhi bukan hanya sepeda motornya, tapi perilaku berkendara dan kondisi jalan,” ujarnya.

Namun penambahan fitur rem ABS pada sepeda motor akan berdampak pada harga jual yang semakin mahal.

“Kami belum tahu detailnya, tapi kalau dilihat sekarang, harga ABS pasti berbeda.” Lihat saja antara model CBS dan ABS. “Tapi kami masih menunggu aturan resminya,” kata Okta.

Baca Juga: Tanda Oli Transmisi Otomatis Mobil Anda Perlu Diganti

Sebagai informasi, misalnya pada Honda Stylo 160 model CBS ditawarkan dengan harga Rp 28,045 juta dan model ABS seharga Rp 31,035 juta. Sementara untuk PCX 160, model CBS dibanderol Rp33,4 juta dan model ABS dibanderol Rp36,905 juta.

Artinya, dengan memasang rem ABS pada sepeda motor, harga jualnya akan lebih tinggi, berkisar Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan. Dengarkan beritanya dan dengarkan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top