Cara Mengoperasikan Pedal Kopling Mobil Manual di Tanjakan

KLATEN, virprom.com – Pengemudi membutuhkan keterampilan untuk mengoperasikan mobil manual, baik saat mobil melaju di jalan datar maupun di tanjakan.

Saat mendaki, pengemudi mobil manual membutuhkan usaha yang lebih dan presisi agar dapat melintas dengan aman.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan salah satu hal yang perlu diwaspadai pengendara saat menggunakan mobil manual adalah kemungkinan mesin mati di tanjakan.

Baca juga: Jangan Tekan Start Mobil Jika Pedal Kopling Keras

Berbeda dengan matic, mesin mobil manual bisa mati jika salah penggunaan. Jika terjadi di tanjakan, ada risiko rem kurang grip karena booster rem tidak berfungsi, kata Hardi kepada Kompas. com, Selasa (1/10/2024).

Hardi mengatakan booster rem berperan penting dalam meningkatkan gaya pengereman pengemudi saat menekan pedal rem dengan memanfaatkan kevakuman pada intake manifold saat mesin hidup.

“Jika mesin mati maka pengemudi harus segera menarik rem parkir, jika terlambat mobil ada kemungkinan terjatuh karena pengaruh gravitasi bumi, sehingga sebisa mungkin mesin tidak mati pada saat itu. miring,” kata Hardy.

Baca juga: Kebiasaan Pengendara Mobil Manual yang Menyebabkan Kopling Cepat Aus

Hardy mengatakan, mogoknya mobil manual bisa disebabkan oleh kesalahan pengemudi dalam mengoperasikan pedal kopling.

“Pedal kopling hendaknya dilepas secara perlahan, mengetahui dan merasakan kecepatan kopling pada saat mesin mulai berputar, pada saat putaran mulai turun atau sebelum mesin berhenti sebaiknya pengemudi menambah bensin dilanjutkan dengan melepaskan pedal kopling secara perlahan. katanya. Mengeras.

Hardy mengatakan, melepas pedal kopling secara terburu-buru agar mobil melaju cepat bisa menyebabkan mesin mati. Dengarkan berita terhangat dan pilihan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top