Awas, Salah Atur Suhu AC Mobil Bikin Boros BBM

KLATEN, virprom.com – Putaran kompresor AC mengambil tenaga dari motor sehingga menimbulkan beban ekstra selama pengoperasian kompresor.

Berdasarkan kejadian tersebut, penyalaan kendaraan arus bolak-balik kini diyakini dapat memboroskan bahan bakar minyak (BBM). Namun demi kenyamanan penumpang di dalam kabin, AC harus berfungsi.

Lalu bagaimana caranya mengatur suhu AC mobil agar kabin tetap sejuk namun tidak boros bahan bakar?

Baca Juga: Jangan Langsung Menyalakan AC Mobil di Pagi Hari, Efektif

Hasan Ariyanto, pemilik Mandri Auto Klaten, mengatakan sistem AC mobil menggunakan prinsip kerja yang unik, sistem mencapai tujuan tersebut hanya setelah saklar AC dihidupkan dan suhu diatur ke posisi tertinggi.

Sistem AC mengukur suhu udara di dalam kabin penumpang menggunakan sensor ambient (suhu sekitar) dan melaporkannya ke ECU, kata Hasan baru-baru ini kepada virprom.com. “Ini menentukan seberapa baik kompresor dapat bekerja.”

Banyak jenis kompresor AC di mobil yang beroperasi sebentar-sebentar, kata Hassan. Jadi, ketika target suhu udara di kompartemen penumpang tercapai, siklus kompresor dihentikan oleh kopling magnet.

Baca selengkapnya: Kaca film meringankan beban AC mobil

Oleh karena itu, untuk memudahkan pengoperasian mesin, mari kita istirahatkan mesin press semaksimal mungkin, yakni dengan mengatur arus bolak-balik mesin sesuai kebutuhan, agar tidak harus berada pada suhu terdingin, kata Hassan.

Menurut Hasan, kebutuhan penumpang seringkali berbeda-beda tergantung cuaca, siang dan malam, serta jumlah penumpang di kabin. Jadi tidak ada pengukuran pasti, yang ada hanyalah pengaturan nyala AC yang tepat.

Selain pengaturan, penting juga memperhatikan fungsi sistem AC dan memastikan semua jendela tertutup agar udara kabin cepat mencapai suhu target, kata Hasan.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin

“Jika listrik padam atau jendela terbuka, sistem akan tetap memerintahkan kompresor untuk bekerja karena suhu udara kabin tidak cukup,” kata Hassan.

Hasan mengatakan, kompresor akan menambah putaran mesin lebih lama karena terdapat sistem idle yang mengantisipasi penurunan kecepatan akibat penambahan beban pada mesin.

Meski bukan masalah besar, tapi memaksa AC mobil tetap menyala dalam kondisi buruk akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia, kata Hasan. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top