Kemenlu Berperan dalam Diplomasi dan Pertumbuhan Investasi, Menpan-RB Berikan Apresiasi

virprom.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang telah menjalin hubungan diplomatik yang erat dengan berbagai negara.

Peran departemen yang dipimpin Retno Marsudi ini erat kaitannya dengan Tematik Reformasi Birokrasi (RB) yaitu pengembangan investasi di dalam negeri.

Ia mengatakan diplomasi yang dilakukan Kementerian Luar Negeri memberikan dampak nyata terhadap situasi investasi di Indonesia.

“Hari ini kami berterima kasih kepada Kementerian Luar Negeri yang terus bekerja baik dalam mendorong investasi di berbagai kegiatan diplomasi,” kata Anas dalam siaran persnya, Jumat (4/10/2024).

Hal itu disampaikan Anas pada Jumat (4/10/2024) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri (MFA) Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Baca Juga: Prabowo akan menambah K/L baru, Menpan-RB siapkan skema tambahan ASN

Kementerian Luar Negeri (ASN) menyampaikan pelayanan publiknya telah meningkatkan pelayanan di berbagai konsulat di seluruh dunia. Selain itu, Kementerian Luar Negeri memiliki struktur tata kelola yang baik.

Selain berperan dalam meningkatkan investasi, Kementerian Luar Negeri juga berperan penting dalam mempromosikan produk dalam negeri dan meningkatkan penetrasi pasar global produk dalam negeri.

Hal lain terkait perundingan internasional mengenai pengurangan hambatan perdagangan di Indonesia. Hal ini termasuk memainkan peran kunci dalam mendorong kerja sama teknologi melalui strategi digital.

Anas mengatakan berbagai upaya tersebut merupakan cerminan langkah Kementerian Luar Negeri dalam meningkatkan akuntabilitas operasional dan mempertahankan pembangunan positif.

Baca Juga: Berhasil Pangkas Banyak Klaim, Menpan-RB Benarkan Kenaikan Tuki Kemenhub

Sebagai referensi, skor RB Kementerian Luar Negeri tahun 2023 adalah A-. Indeks ini jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional untuk jasa/fasilitas.

Pada tahun 2023, skor Pelayanan Kinerja Pemerintahan (SAKIP) Kementerian Luar Negeri akan naik ke kategori ‘BB’ atau ‘Baik’.

Pada tahun 2017 hingga tahun 2023, Kementerian Luar Negeri memiliki 12 unit usaha dengan peruntukan Kawasan Bebas Korupsi (WBK) dan lima unit usaha dengan peruntukan Kawasan Birokrasi Bersih dan Pelayanan (WBBM).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pertemuan tersebut membahas capaian, kekurangan, dan rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Jika hal seperti ini terus membaik, maka reformasi birokrasi Indonesia akan terlaksana dan didukung di masa depan, Insya Allah.”

Baca Juga: Menpan-RB Kritik Anggaran Negara Hilangnya Jadwal Perjalanan Dinas Dengarkan berita dan update terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top