Arteria Dahlan Mengaku Mundur Tanpa Paksaan, Serahkan Kursi DPR yang Diminta Romy Soekarno

JAKARTA, virprom.com – Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengaku akan mengundurkan diri sebagai anggota pengganti DPR RI terpilih 2024-2029, seperti permintaan langsung yang dilontarkan Romy Soekarno kepadanya.

Keputusan tersebut dinilai sebagai bentuk pengabdian kepada keluarga besar Bungkarno sehingga memberikan kesempatan kepada Romy untuk terus menjalankan tugasnya di Republik Demokratik.

“Saya ada karena Bu Mega dan keluarga Bongcarno. Sudah waktunya kalau boleh dibilang saya membalas budi. Hanya itu yang bisa saya lakukan. Bukan?

“Saya merasa terhormat mengundurkan diri demi kebaikan keluarga Bongcarno. Itu yang saya katakan,” kata Altria.

Baca Juga: Rahayu dan Atria Dharam Mundur, Cucu Sukarno Masuk Kursi DPR RI

Atria mengatakan, keputusannya mundur bukan karena tekanan atau mencari pekerjaan di luar DPR RI.

Anggota Komite Ketiga itu mengaku sukarela dan tanpa syarat mengabdi sebagai anggota DPR RI terpilih saat didekati Romy.

Pak Romy segera bergegas dan bertanya dengan hormat. Atria berkata: “Saya pikir sekarang adalah waktu terbaik bagi saya untuk membalas budi keluarga Bongcarno. “

“Saya berdiri dengan terhormat. Saya menuntut rasa hormat. Tidak ada syarat atau syarat lain,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Romy Soekarno dari daerah pemilihan (Dapil) PDI-P Jawa Timur VI sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029.

Hal itu tertuang dalam Keputusan (SK) KPU Nomor 1401 Tahun 2024 yang ditandatangani Ketua KPU RI Mochamad Afifuddin pada 27 September 2024.

Perintah perubahan keputusan pasangan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada Pemilu 2024 terhadap Partai Demokrat Indonesia yang memperjuangkan enam daerah pemilihan Jawa Timur atas nama Romy Sukarno, bunyi surat itu, Senin. (30 September 2024).

Baca juga: Rahayu dan Atria Dahlan Mundur, Romy Sukarno Terpilih Jadi PDP

Dalam keputusan tersebut, cucu Presiden pertama RI Sukarno ini diangkat menjadi anggota DPR RI setelah calon legislatif DPR RI dari PDI-P Sri Rahayu mengajukan pengunduran diri.

Berdasarkan hasil pemilu legislatif 2024, Arteria Dahlan seharusnya menggantikan Sri Rahayu sebagai anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 berdasarkan perolehan suara.

Namun Atria pun mengundurkan diri sehingga mengakibatkan turunnya status Rahayu sebagai anggota DPR RI terpilih yang akan dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2024 di Romy Soekarno.

“Calon terpilih diganti atas nama Dera. SRI RAHAYU (suara sah kedua, nomor urut 1) karena yang bersangkutan mengundurkan diri, nama calon adalah H. ARTERIA DAHLAN, S.T., S.H., M.H.( suara sah peringkat III, Nomor 4) Karena yang bersangkutan mengundurkan diri,” tulis KPU dalam surat keputusannya. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top