Badai Milton Menguat ke Kategori 5, Florida AS Bersiap Hadapi Bencana Terburuk, Biden Desak Warga Mengungsi 

FLORIDA, virprom.com – Negara bagian Florida di AS bersiap menghadapi serangan langsung Badai Milton, yang meningkat menjadi badai Kategori 5 pada Selasa (10 Agustus 2024).

Presiden AS Joe Biden juga mendesak warga untuk segera mengungsi, dengan mengatakan bahwa ini bisa menjadi bencana alam terburuk yang melanda negara bagian itu dalam 100 tahun.

“Ini adalah masalah hidup dan mati, dan ini tidak berlebihan,” kata Biden di Gedung Putih.

Baca selengkapnya: Ayah berjalan sejauh 50 km melewati badai untuk menghadiri pernikahan putrinya

Dia mendesak siapa pun yang mendapat peringatan tentang Badai Milton untuk segera pergi.

“Lari sekarang, sekarang, sekarang!” seru Biden, seperti dilansir AFP.

Florida telah dilanda banyak badai dalam beberapa minggu terakhir. Pada Senin (7/10/2024), Florida dilanda Badai Milton yang masih merupakan badai Kategori 4.

Badai tersebut menuju ke daerah padat penduduk di Florida, termasuk Tampa dan Orlando. 

Beberapa negara bagian lain sebelumnya dilanda Badai Helen, termasuk Florida, Georgia, Carolina Selatan, dan Tennessee. Kecepatan angin 270 km per jam

Pusat Badai Nasional AS (NHC) pada hari Selasa mengumumkan bahwa Badai Milton telah kembali ke tingkat Kategori 5, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 170 mph.

“Perbedaan intensitas mungkin terjadi saat Milton bergerak melintasi Teluk Meksiko bagian timur, namun kami memperkirakan Milton akan menjadi risiko badai besar setelah mencapai pantai Midwest Florida pada Rabu malam waktu setempat (10 September 2024). kata NHC.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan pada konferensi pers bahwa beberapa wilayah kini berisiko.

Baca selengkapnya: 33 orang tewas saat Badai Helen melanda Amerika Serikat bagian tenggara.

“Pada dasarnya seluruh semenanjung Florida berada di bawah pengawasan atau peringatan,” katanya.

Maskapai penerbangan mengoperasikan penerbangan tambahan dari Tampa, Orlando, Fort Myers dan Sarasota karena mobil-mobil yang melaju menyumbat jalan raya dan pompa bensin kehabisan bahan bakar.

Pakar badai Michael Lowry mengatakan di wilayah Tampa, yang dihuni sekitar 3 juta orang, Badai Milton dapat melipatgandakan tingkat gelombang badai yang terlihat selama Badai Helene, yang menyebabkan banjir besar dua minggu lalu.

Biden sendiri menunda perjalanan penting ke Jerman dan Angola untuk mengawasi respons pemerintah federal.

  Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top