Kenali Busi Kering Kemerahan dan Basah, Jadi Ciri Kerusakan di Mesin

JAKARTA, virprom.com – Busi merupakan salah satu komponen penting pada mesin pembakaran dalam atau ICE. Fungsinya untuk menimbulkan percikan api yang selanjutnya akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin.

Memiliki peranan penting, keadaan candle harus optimal. Memang busi bisa menandakan ada yang tidak beres pada mesin kendaraan Anda, misalnya busi kering, kemerahan, atau basah.

Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, produsen busi NGK, mengatakan kalau misalnya kering, kemerahan, mungkin ada gejala mesin overheat.

Baca juga: Mengapa Lebih Baik Mengganti Semua Busi Mobil Sekaligus?

Warna insulasi (keramik) agak kemerahan, sudah tidak putih lagi, kata Diko kepada virprom.com, Selasa (24 September 2024).

Karena masih ada gejala overheat, Diko mengatakan untuk mengecek filter udara agar pembakaran kembali baik. Sedangkan menurut Dik, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kelembapan, bisa karena minyak atau bensin.

“Kalau oli, mungkin ada kebocoran di sela-sela klep. Lalu oli menetes ke ruang bakar. Makanya residunya menempel di kerak kepala busi,” kata Diko.

Baca juga: Jangan asal pilih oli mesin untuk mobil hybrid

Sedangkan jika basah karena bensin, kemungkinan besar campuran udara/bahan bakarnya tidak seimbang. Jika dibiarkan maka kerak akan semakin membesar dan lama kelamaan kotoran akan menempel pada kepala busi.

“Selama bensin basah berarti ada masalah pada campuran udara-bahan bakar. Periksa injektor, bisa jadi penyebab utama campuran tidak seimbang,” kata Diko.

Nah, untuk mengecek kondisi mesin, Anda cukup melihat bagian businya saja. Untuk pembakaran sempurna, keadaan busi biasanya tidak jauh berbeda dengan yang baru, hanya terdapat tanda-tanda keausan pada elektrodanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top