Penutupan PON XXI, Jawa Barat Catat “Hattrick” Juara

virprom.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut ke-21 tahun 2024 telah berakhir setelah dilakukan upacara penutupan pada Jumat (20/9/2024) di Stadion Utama GOR Sumut.

Tim Jawa Barat (Jabar) mengamankan hat-trick atau juara umum tiga kali berturut-turut setelah finis pertama di klasemen akhir perolehan medali.

Jabar tetap mempertahankan gelar juara umum setelah pertama kali menjuarai PON XIX Jabar 2016 dan PON XX Papua 2021.

Tim Provinsi Jawa Barat merupakan peraih medali terbanyak pada pekan olahraga nasional ini, kata Ketua Umum Kony (Ketam), Marciano Norman, saat menutup PON yang digelar di Stadion Utama Sumut, Deli Serdang, Jumat malam. .

Baca Juga: Karate DKI Jakarta Jadi Juara Umum Pon XXI 2024, Akhiri Dominasi Jabar dan Jatim

Marciano mengatakan, Jabar meraih 196 emas, 163 perak, dan 180 perunggu sebagai juara umum PON.

Disusul DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara di peringkat keempat. Kemudian Jawa Tengah di urutan kelima dan Aceh di urutan keenam, ujarnya.

Ia mengatakan, penyelenggaraan PON sebelumnya dipengaruhi oleh tingkat pelayanan yang kurang maksimal.

Namun hal tersebut secara bertahap dapat diatasi melalui koordinasi yang baik dengan berbagai pihak terkait.

Hal ini dapat diatasi secara bertahap melalui koordinasi yang sangat positif dengan berbagai pihak, khususnya PB PON wilayah Aceh dan PB PON wilayah Sumut, kata Marciano.

Marciano mengatakan, kegiatan perlombaan tersebut merupakan yang terbesar dari perayaan PON yang mencakup 65 cabang olahraga.

Selain itu, kata dia, PON XXI menghasilkan banyak rekor yang dipecahkan di PON maupun tingkat nasional.

Ia menyebutkan banyak rekor yang dipecahkan, antara lain 17 rekor Atletik Poon dan delapan rekor nasional; Dia kemudian mencetak enam rekor emas dan enam rekor nasional; Rekor angkat besi empat kilogram.

Juga rekor PON 19 dan rekor renang nasional; pendakian dengan empat rekor tiang dan dua rekor nasional; Rekor renang loncat tujuh, rekor nasional tujuh; Rekor PON 27, rekor nasional empat; Dan rekor PON di olahraga ski air.

Pantauan situs resmi PON Acheh Sumut 2024, hingga Jumat sore, Jawa Barat menduduki peringkat pertama dengan total perolehan 538 medali yang terdiri dari 195 emas, 161 perak, dan 182 perunggu.

Rekor dipegang oleh Jawa Barat dengan 11 medali emas, mengungguli peringkat kedua DKI Jakarta dengan 477 medali yang terdiri dari 184 emas, 139 perak, dan 144 perunggu.

Jawa Timur berada di peringkat ketiga dengan perolehan 424 medali yang terdiri dari 145 emas, 137 perak, dan 142 perunggu.

Sedangkan Sumut salah satu tuan rumah berada di peringkat keempat dengan total perolehan 254 medali dengan rincian 79 emas, 49 perak, dan 116 perunggu.

Jawa Tengah berada di urutan kelima dengan 71 emas, 59 perak, dan 116 perunggu, sedangkan sesama tuan rumah Aceh berada di urutan keenam dengan 64 emas, 48 ​​perak, dan 77 perunggu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top