Perjalanan 100 Km Menelusuri Kerajaan Kuno Asia Tenggara

PHNOM PENH, virprom.com – Jalan kuno yang melintasi Kamboja ini penuh dengan jembatan kuno, kuil tua yang tidak diketahui, dan rahasia ratusan tahun yang belum pernah terungkap.

Saya berangkat dengan van, pada pagi hari ulang tahun saya. Namun, pada perjalanan terakhir, saya pergi bersama seorang pria Kamboja dengan sepeda motor trail yang belum pernah saya temui sebelumnya.

Pukul 07.00 saya turun di Raffles Grand Hotel d’Angkor Siem Riep, karena saya punya foto Jackie Kennedy saat berkunjung ke sini pada tahun 1967.

Baca juga: Bagaimana Kerajaan Inggris Beradaptasi Setelah Raja Charles III Didiagnosa Mengidap Kanker?

Saya kemudian bertemu dengan pemandu saya Pheakdey “Dey” Sieng dari pemandu wisata Malunga Asia.

Saya tiba di Siem Reap untuk menjelajahi Jalan Kerajaan Timur, rute sepanjang 100 km yang menghubungkan kuil kuno Angkor Wat, Beng Mealea, dan Preah Khan Kompong Svay.

Kerajaan Khmer yang menguasai sebagian besar Asia Tenggara pada tahun 802-1431 M terkenal dengan kuil-kuilnya.

Namun, sebagian besar kekuasaannya berasal dari rute sepanjang 3.000 mil dari ibu kota bersejarahnya, Angkor, hingga ke pelosok wilayahnya di Thailand modern, Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Meskipun terdapat lima jalan kerajaan yang menghubungkan ibu kota dengan kota-kota provinsinya, Jalan Kerajaan Timur memiliki kumpulan infrastruktur Khmer terbesar, termasuk jembatan, danau, tembok, dan tanggul. Terdapat juga pura peristirahatan, yang tidak ditemukan di rute lain, di mana peziarah dapat makan, berdoa, dan tidur.

Jalan tersebut digunakan untuk mengangkut batu yang digunakan untuk membangun kuil Khmer dan logam untuk sistem pertahanannya.

Suku Khmer terkenal dengan sistem irigasinya yang rumit, dan jalannya dilapisi dengan jembatan kuno yang melintasi sungai dan sungai. Sebagian besar jembatan masih digunakan sampai sekarang.

Rute ini dianggap sebagai perjalanan darat klasik bagi para pengendara sepeda motor trail dan pecinta kuil. Perdana Menteri Hun Maneh telah memilih Beng Mealea dan Preah Khan untuk terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Situs-situs ini diperkirakan akan menjadi lebih populer di masa depan, jadi saya ingin memeriksanya sebelum menjadi lebih populer.

Hanya ada satu masalah: panasnya sangat menyengat.

Wisatawan disarankan untuk tidak datang ke Siem Reap pada bulan April karena cuacanya lebih panas dari Hades dan terdapat gelombang panas selama berminggu-minggu yang mencapai lebih dari 40°C dan indeks UV 12 pada skala 1-11+.

Rencananya kita akan mengunjungi Preah Khan terlebih dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan ke Beng Mealea sebelum kembali ke Siem Reap.