Tanggal 31 Agustus 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 31 Agustus 2024 jatuh pada hari Sabtu. Hari ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Malaysia.

Ada juga peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2024. Hari Kemerdekaan Malaysia

31 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Malaysia.

Seperti halnya negara berdaulat lainnya, mencapai kemerdekaan pastilah sulit. 

Malaysia merdeka di bawah kepemimpinan Perdana Menteri pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman. Dia dan para pemimpin politik Malaysia lainnya merundingkan kemerdekaan dengan Eropa.

Kemerdekaan dimulai ketika Malaysia terbebas dari ancaman pemberontakan komunis.

Akhirnya pada tanggal 8 Februari 1956 diterima kesepakatan bagi Malaysia untuk merdeka dari Kerajaan Inggris. Namun proklamasi kerajaan baru terlaksana pada tanggal 31 Agustus 1957.

Pada malam hari tanggal 30 Agustus 1957, massa berkumpul di Lapangan Merdeka Kuala Lumpur untuk menyaksikan peralihan kekuasaan dari Inggris.

Pengibaran bendera baru Malaysia disusul dengan pemutaran lagu kebangsaan Negaraku dan tujuh sorakan “Merdeka” dari penonton.

Baca juga: 31 Agustus dalam Sejarah: Malaysia merdeka pada tahun 1957. Hari Internasional Orang Keturunan Afrika

Pada tanggal 31 Agustus ada perayaan internasional Hari Rakyat Afrika Internasional. 

Hari internasional ini baru-baru ini ditetapkan oleh PBB dan dirayakan untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran banyak orang tentang masalah penganiayaan dan penghinaan terhadap keturunan Afrika di seluruh dunia.

Meski kita hidup di era yang begitu modern, pada kenyataannya masih banyak upaya diskriminasi terhadap masyarakat keturunan Afrika. Apalagi jika mereka berkulit gelap dan berambut keriting.

Menurut PBB, sekitar 200 juta orang di Amerika Serikat mengaku sebagai keturunan Afrika. Untuk memperingati hari ini, PBB berharap masyarakat keturunan Afrika mempunyai akses terhadap hak dan kebebasan.

Perayaan ini tentang mempelajari lebih lanjut tentang warisan dan budaya Afrika melalui film, tarian, musik, dan seni yang diciptakan selama liburan. Dengarkan berita terbaru dengan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top