Jangan Abaikan Indikator Aki pada Sepeda Motor Menyala

KLATEN, virprom.com – Sepeda motor keluaran terbaru dilengkapi dengan layar informasi yang lebih detail. Salah satunya terkait informasi kesehatan baterai.

Pengguna sebaiknya memperhatikan kapan lampu indikator aki menyala saat sepeda motor sedang dioperasikan. Lalu apa arti dari lampu indikator tersebut?

Endro Sutarno, Technical Service Department PT Astra Honda Motor, mengatakan sepeda motor yang dilengkapi voltmeter dan lampu indikator aki biasanya tidak memiliki starter untuk menghidupkan mesin tanpa listrik.

Baca Juga: Cek Daftar Harga Aki Sepeda Motor Tahun 2024 pada bulan September

Artinya, lampu indikator dan voltmeter diharapkan bisa menjadi solusi jika tidak ada start. Prinsipnya, perangkat ini akan memberikan informasi langsung kepada pengguna tentang kondisi baterai, kata Endro kepada virprom.com, baru-baru ini.

Endro mengatakan, ada tiga tahapan masa pakai baterai pada sepeda motor, yakni dengan lampu indikator dan voltmeter. Tahap pertama adalah keadaan sehat.

“Tanda aki sehat adalah ketika kontak dalam keadaan ON, lampu indikator aki tidak menyala dan voltmeter menunjukkan antara 11,5 volt hingga 12,5 volt,” kata Endro.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Menguras Aki Sepeda Motor Keyless Dengan Cepat

Begitu pula saat mesin hidup, menurut Andrew, lampu indikator mati dan pembacaan voltmeter bertambah karena pengisian baterai.

Hati-hati, jika kunci kontak menyala maka lampu indikator aki akan menyala merah dan voltmeter akan menunjukkan angka 11,4 volt dengan toleransi 0,4 volt, kata Endro.

Dalam kondisi ini, menurut Endro, mesin masih bisa dihidupkan dengan mudah. Namun pemberangkatan lebih lanjut tidak disarankan karena sudah ada peringatan sebelumnya.

Baca Juga: Benarkah Aki Motor Mati Boros Bahan Bakar?

“Sebaiknya periksa kesehatan baterai di Ahass, barulah diambil kesimpulan apakah baterai perlu diganti atau tidak, karena lampu indikator menyala yang berarti peringatan baterai lemah,” kata Endro.

Kondisi terakhir, menurut Andrew, adalah baterai yang rusak. Tandanya lampu indikator aki menyala saat kunci kontak hidup dan tegangan aki hanya 10,3 volt.

Kondisi ini akan membuat alternator (ACG) tidak bisa dihidupkan, sehingga pengguna harus memastikan kondisi baterai tidak sampai pada tahap ini, kata Endro.

Oleh karena itu, ketika lampu indikator baterai berubah menjadi merah, pengguna tidak boleh mengabaikannya. Jangan sampai sepeda motor yang tidak bisa dihidupkan mogok di tengah perjalanan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top