Menko Hadi Minta Tak Ada Rotasi Pejabat TNI-Polri sampai Pilkada Tuntas

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memerintahkan pimpinan TNI-Polri untuk tidak berganti barisan hingga berakhirnya tahap pemilihan ketua daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu disampaikan Hadi dalam sambutannya pada “Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Bali dan Nusa Tenggara” di Nusa Dua, Bali, Selasa (30 Juli 2024).

“Kami juga berharap pimpinan TNI-Polri tidak mengganti pejabatnya hingga Pilkada Serentak berakhir,” kata Hadi, Selasa, saat ditonton Kemenko Polhukam di YouTube.

Baca juga: Menko Polhukam: Anak-anak yang Mau Main Game Online Tak Punya Uang dan Diajak Kampanye

“Apa yang bagus? “Apa yang direncanakan, termasuk anggaran yang disiapkan, bisa dikelola dengan baik,” kata Menko Polhukam.

Hadi meminta rotasi dan mutasi tidak dilakukan menjelang pilkada, kecuali personel yang memasuki usia pensiun.

Baca Juga: Ketua Inspektur Gaming Online T. Mahfud Ditanya: “Saya Sekarang Bukan Menko Polhukam”

“Kecuali mereka yang mengundurkan diri sebelum pilkada, harus mengundurkan diri. “Tapi yang tidak, TNI-Polri sebaiknya tetap tinggal, termasuk Kajati (Kejaksaan Tinggi) karena nanti harus berurusan dengan Gakkumdu (Badan Penegakan Hukum),” kata Hadi.

Permintaan tersebut akan dikoordinasikan Hadi dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Listo Sigit Prabowo, dan Jaksa Agung Sanitar Burhoniddin.

TNI baru-baru ini melakukan mutasi, rotasi, dan promosi terhadap 256 jabatan perwira tinggi.

Baca Juga: Pasangan Heri Kosvara-Sholihin Berharap Dapat Dukungan PAN di Pilkada Kota Bekasi

Surat ini tertuang dalam Surat Perintah Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 24 Juli 2024.

Kemudian 157 perwira tinggi dan menengah Polri dimutasi ke Polri.

Surat edaran ini tertuang dalam telegram ST/1554/VII/Kep/2024 yang diterbitkan pada 26 Juli 2024. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top