Soal Isu Paslon Tunggal pada Pilkada Jakarta, Sekjen PKB: Kotak Kosong Juga Demokrasi

JAKARTA, virprom.com – Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid mengatakan persoalan calon tunggal di Pilkada Jakarta tidak dianggap sebagai pelanggaran demokrasi.

Menurut dia, kesepakatan yang ditandatangani partai politik untuk mengusung calon tunggal yang akan bersaing di kotak kosong merupakan proses demokrasi.

“Pilkada disepakati semua pihak, hasilnya kotak kosong atau tidak, itu tergantung partai itu sendiri. Kalau mayoritas mendukung calon dan hasilnya kotak kosong, itu juga demokratis,” ujarnya. saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024).

Baca Juga: Tinggalkan Anies, PKB Gabung Gerindra Ridwan Dukung Kamil di Pilkada Jakarta

Hasanuddin mengatakan, kotak kosong bisa dianggap sebagai hal yang demokratis karena partai politik punya pendekatan tersendiri dalam mendukung seorang calon.

Katanya: “Kosong atau tidaknya kotak itu, itu bukan intinya, tapi kesatuan semua pihak dalam mencalonkan seseorang.”

PKB sendiri memilih mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Pilihan ini didasarkan pada bergabungnya PKB ke koalisi pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyinggung soal calon tunggal di Pilkada Jakarta.

Dia mengingatkan, tidak boleh ada partai yang menggunakan kekuasaan untuk menciptakan “calon boneka” di Pilkada Jakarta.

Hasto menjelaskan, calon moderat adalah calon yang dicalonkan hanya untuk menghindari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta mendapat slot kosong.

Baca juga: PKB Resmi Dukung Bobby Nasuton Sebagai Calon Gubernur Sumut

“Tidak boleh ada kekuasaan yang digunakan untuk melahirkan calon boneka,” kata Hasto saat jumpa media di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Hasto menambahkan, salah satu bentuk penyalahgunaan kekuasaan adalah penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga DKI Jakarta tanpa izin pemiliknya.

Menurut Hasto, mengambil keuntungan dari KTP tanpa izin merupakan permasalahan serius yang harus segera diusut oleh penegak hukum.

“Polisi harus bertindak cepat,” kata Hasto.

Sementara itu, Hasto mengatakan Jakarta merupakan daerah yang sangat strategis sehingga pilkada di ibu kota tidak boleh menampilkan calon yang kotaknya kosong.

Baca juga: Chuck Imin: Saya dan PKB beraliansi dengan Gerindra untuk memulihkan perekonomian. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top