Upacara HUT RI di IKN Bikin Anggaran Membengkak, Jokowi: Biasa, Wajar …

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo bereaksi terhadap anggaran perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 yang membludak.

Menurut Presiden, perayaan HUT RI kali ini digelar di dua tempat yakni Jakarta dan Ibu Kota Kepulauan (IKN), sehingga wajar jika ada anggaran yang lebih besar.

Namun Kepala Negara mengklaim kenaikan anggaran tersebut tidak signifikan.

“Iya dulu namanya (upacara) hanya di satu tempat. Karena ada peralihan, jadi diadakan di dua tempat,” kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9/2024). .

“Tapi itu bukan lompatan (atau kenaikan besar). Saya kira anggarannya wajar, wajar, dan anggarannya juga ada di kementerian negara (sekretariat negara),” tegasnya.

Baca juga: Menlu Akui Biaya Upacara Kemerdekaan Indonesia Tahun Ini Meningkat

Sebelumnya, Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengakui biaya penyelenggaraan upacara kemerdekaan Indonesia tahun ini bertambah karena digelar di dua tempat sekaligus, yakni Jakarta dan IKN di Kalimantan Timur.

Karena upacara kali ini diadakan di dua tempat, anggarannya jelas lebih besar dari sebelumnya, kata Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Pratikno juga mengatakan, upacara peringatan kemerdekaan tahunan ini dibiayai oleh negara.

Pratikno mengaku belum mengetahui soal kenaikan anggaran upacara tahun ini.

Namun, dia mengklaim kenaikan anggaran tersebut tidak signifikan.

“Tapi (kenaikannya) tidak signifikan. Ah, saya tidak ingat (totalnya). Mungkin Kepala Sekretariat Presiden yang lebih tahu,” kata Pratikno. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Compass.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top