Mesir dan Yordania Siap Dukung Lebanon dalam Hadapi Serangan Israel

KAIRO, virprom.com – Mesir dan Yordania siap mendukung Lebanon dalam menanggapi serangan Israel.

Menteri luar negeri Mesir dan Yordania, dua negara Arab yang menjaga hubungan damai dengan Israel, pada Selasa (10 Agustus 2024) menyatakan solidaritasnya terhadap serangan Israel yang semakin meluas ke Lebanon.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi berbicara pada konferensi pers bersama di Kairo dengan timpalannya dari Mesir Badr Abdulati, menyerukan Israel untuk menghentikan agresi di tiga bidang.

Baca juga: Dampak Serangan Israel terhadap Hizbullah, Nelayan Lebanon Tidak Bisa Melaut

Ini termasuk Gaza, Tepi Barat yang diduduki, dan sekarang Lebanon.

“Kami mengutuk agresi Israel terhadap Lebanon, kami mengutuk pemboman Israel di ibu kota Lebanon, dan kami mengutuk pembunuhan Israel terhadap warga Lebanon,” kata Safadi mengutip AFP.

Yordania dan Mesir telah berulang kali memperingatkan bahwa Timur Tengah berada di ambang perang habis-habisan.

Mereka menuduh sekutu Barat Israel secara sistematis melanggar hukum internasional tanpa mendapat hukuman.

“Negara Anda kebal hukum dan tidak bertanggung jawab,” kata Abdulati.

Pada tanggal 23 September, Israel melancarkan gelombang serangan terhadap benteng Hizbullah di Lebanon.

Sejak itu, serangan Israel di Lebanon telah menewaskan sedikitnya 1.150 orang dan memaksa lebih dari 1 juta orang mengungsi.

BACA JUGA: Israel mengumumkan dimulainya operasi darat di barat daya Lebanon, melancarkan 30 serangan lagi sebagai tanggapan atas serangan roket dan proyektil dari Lebanon dan Gaza saat menandai peringatan satu tahun perang tersebut, serangan Hamas Mengejutkan Lebanon

Saat memerangi Hamas di Gaza, Israel telah berjanji untuk mengamankan perbatasan utaranya dengan Lebanon dan mendukung sekutu Palestinanya dengan mengizinkan puluhan ribu warga Israel yang mengungsi akibat kebakaran di perbatasan Hizbullah untuk kembali ke rumah mereka.

Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top