Sopir Mengantuk, Bus Harapan Jaya Tabrak Truk di Tol Batang-Semarang

BATANG, virprom.com – Kecelakaan seperti bus Harapan Yaya di Tol Semarang-Batang KM 346 pada Sabtu (14/9/2024) kerap terjadi akibat pengemudi tertidur saat berkendara.

Postingan di akun Instagram @batang.update menjelaskan kronologis kecelakaan yang melibatkan bus Harapan Jaya nomor AG 7063 yang melaju di jalur kiri dari barat ke timur.

Baca juga: Ingatlah Salah Belok di Jalan Tol, Jangan Berpikir untuk Balik

 

Saat tiba di lokasi kejadian, pengemudi yang dikira kurang perhatian, kemudian melintas di belakang truk Mitsubishi Tronton K-8099-EC KBM yang melaju ke arah yang sama. di jalur kiri,” tulisnya dalam laporan tersebut.

Akibat kejadian tersebut, bagian depan bus mengalami kerusakan akibat ditabrak truk pengangkut paralaks.

Soni Susmana, direktur pelatihan Konsultan Pertahanan Keamanan Indonesia, mengatakan tidur dapat menyebabkan pengemudi pingsan.

Artinya, mata tidak bisa membaca lalu lintas dengan benar dan otak tidak bereaksi terhadap situasi lingkungan, kata Sony baru-baru ini kepada virprom.com.

Baca juga: 3 Penyebab Keausan Ban Tidak Merata

Ia juga mengatakan, ketika seorang pengemudi tertidur, separuh pikirannya tidak sadarkan diri. Hal ini tentunya terjadi saat Anda sedang mengemudi sehingga tidak bisa membaca lalu lintas.

“Hilang kendali adalah kendaraan langsung lepas kendali dan berhenti ketika menabrak benda di depan atau ke kanan atau ke kiri,” kata Soni.

Soni tahu kalau sopirnya ngantuk banget, tapi dia menjelaskan kalau dia terlalu malas untuk istirahat. Ada pengemudi yang terkesan bertanggung jawab atau ingin cepat sampai meski tertidur.

“Meski otak lemah, banyak orang yang merokok, ngobrol, minum kopi, menyanyi, dan lain-lain untuk menghindarinya. Cara yang benar untuk melawan tidur adalah dengan berhenti, tidur atau melakukan olahraga untuk merangsang otot, otak, dan saraf. ,” ujarnya. Pilih berita dan update di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13D ​​​​Pastikan Anda sudah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top