Apakah Kunyit Bisa Menguatkan Jantung? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Kunyit mengandung Curcumin yang baik untuk kesehatan. Lalu apakah kunyit bisa menguatkan jantung?

Ya, memanfaatkan kunyit sebagai bumbu atau mengolahnya menjadi minuman herbal memang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini karena kurkumin mampu meningkatkan fungsi endotel atau lapisan pembuluh darah.

Baca selengkapnya untuk mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Apakah Minum Kunyit Setiap Hari Baik? Berikut penjelasannya.. Apakah kunyit bisa menguatkan jantung?

Curcuma longa atau kunyit merupakan tanaman rimpang yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Menurut Departemen Kesehatan Yankes, bahan aktif utama kunyit, kurkumin, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk efek anti inflamasi dan anti oksidan yang mendukung kesehatan jantung.

Berikut manfaat kunyit untuk jantung: Kunyit dapat menguatkan jantung karena membantu dan memperkuat fungsi endotel atau pembuluh darah. Senyawa kurkumin juga dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya berkontribusi terhadap penyakit jantung. Kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi penyerapan kolesterol di usus dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh. Konsumsi kunyit dikaitkan dengan rendahnya tekanan darah, terutama tekanan darah sistolik. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Menghambat aksi molekul inflamasi dan membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat peradangan.

Selain mengonsumsi kunyit, Anda juga sebaiknya menerapkan pola hidup sehat yang meningkatkan kesehatan jantung, seperti mengonsumsi sumber lemak omega-3. Berolahragalah secara teratur, hindari merokok dan jangan minum minuman beralkohol.

Baca juga: Bolehkah Minum Jus Kunyit Saat Perut Kosong? Ini penafsirannya….

  Manfaat kunyit lebih dari sekedar membantu kesehatan jantung

Tak hanya kurkumin, kunyit juga banyak mengandung nutrisi seperti sesmethoxycumin, bisdesmethoxycurcumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak.

Dengan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, mengkonsumsi kunyit dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti: meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati asam urat, mengurangi rasa mual, mengobati kembung dan perut kembung serta menghentikan produksi asam berlebih mengobati alergi kulit. Memiliki sifat antibakteri. Mengobati maag dan asam lambung.

Namun penggunaan kunyit tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengobatan medis yang Anda jalani saat ini.

Penderita penyakit tertentu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan ramuan herbal.

Baca juga: Berapa gelas jus kunyit sehari? Berikut penjelasannya… Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top