Mayoritas Pengguna EV Indonesia Isi Daya di Rumah

JAKARTA, virprom.com – PT PLN (Persero) mencatat penggunaan stasiun pengisian untuk pengisian kendaraan listrik mengalami peningkatan signifikan pada semester I/2024, baik di sektor pengisian domestik maupun publik.

Menariknya, dari informasi yang diterima, sebagian besar pengguna mobil listrik di Indonesia melakukan pengisian daya di rumah. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan energi homecharging yang meningkat 344 persen menjadi 4.264,8 megawatt-jam.

Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan konsumsi energi stasiun pengisian kendaraan umum (SPKLU) yang sebesar 2.438,3 MWh. Angka tersebut meningkat 229% dari sebelumnya sebesar 741,8 MWh pada triwulan I/2024.

Baca selengkapnya: Pemerintah belum berencana memberikan insentif pajak kendaraan tahun ini

Untuk pembangunan infrastruktur, jumlah unit layanan SPKLU yang dikelola PLN pada periode yang sama mencapai 1.582 unit. Distribusi ini mencakup 1.131 lokasi di seluruh Indonesia, meningkat 157 persen dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan jumlah pelanggan pada 6 bulan pertama tahun 2024 mencapai 14.524 pelanggan, meningkat 335% dibandingkan bulan sebelumnya pada Januari hingga Juni 2023.

“Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan kendaraan listrik, tentunya infrastruktur pendukungnya harus tersedia,” kata Direktur PLN Dharmawan Prasudjo dalam keterangan tertulis yang diperoleh virprom.com, Selasa (7/8/2024).

“PLN tidak bisa melakukan hal ini sendirian, sehingga kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan seluruh mitra dalam percepatan transisi energi di sektor transportasi,” lanjutnya.

Baca selengkapnya: Pemerintah menjamin tidak ada insentif untuk mobil hibrida

Tak berhenti sampai disitu, perseroan juga mencatat saat ini setidaknya terdapat 2.182 Unit Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang dapat digunakan oleh kendaraan roda dua listrik di Tanah Air.

“PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur penukaran baterai kendaraan roda dua listrik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna kendaraan roda dua listrik yang terus berkembang dan menjadi moda transportasi utama di Indonesia,” kata Darmawan.

Selain itu, PLN juga telah membangun dan mengoperasikan Stasiun Pengisian Umum (SPLU) yang dapat menjadi pilihan bagi 9.956 pengguna listrik roda dua yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tahun ini PLN juga menginisiasi penggunaan tiang listrik sebagai tiang SPKLU sebanyak 2.000 unit, tutupnya. Dengarkan berita terkini dan siaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top