Optimalkan Realisasi Program, Mendagri Tito Minta Jajaran BNPP Perkuat Koordinasi

virprom.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memperkuat koordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. Upaya ini diperlukan untuk mengoptimalkan implementasi program yang dibuat.

Menteri Dalam Negeri Tito mengatakan BNPP merupakan lembaga koordinator, bukan pelaksana utama. Oleh karena itu, kekuatan utama lembaga ini adalah koordinasi. Kunci utama koordinasi adalah komunikasi.

“Kunci komunikasinya adalah komunikasi informal, sehingga harus rajin bertemu dengan pemangku kepentingan lain, baik pusat maupun daerah,” ujar Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP saat memimpin upacara peringatan HUT ke-14 BNPP di kantor BNPP, Jakarta. pada hari Rabu. (18 September 2024).

Baca Juga: Mendagri Tito Resmi Buka Deklarasi Porth Dutas 2024

Dia menjelaskan, anggaran pengelolaan perbatasan disalurkan kepada sejumlah K/L yang mengelola perbatasan. Oleh karena itu, komunikasi yang intensif menjadi penting agar organisasi-organisasi tersebut dapat melaksanakan program sesuai dengan BNPP.

Bila diperlukan, kata Tito, BNPP dapat melibatkan kementerian/lembaga terkait untuk melaksanakan program kerja di sejumlah daerah, dengan tetap mengedepankan hasil kerja yang produktif.

Mendagri mengatakan perlu juga dibentuk penanggung jawab setiap K/L untuk memastikan komunikasi tetap berjalan. Dengan demikian, koordinasi dapat terlaksana agar program kerja dapat terlaksana dengan lebih maksimal.

“Setelah kita bisa berkomunikasi, kita bisa berkoordinasi dan bekerja dalam pembangunan perbatasan. “Karena pembangunannya sangat beragam, ada yang mau bangun pasar, ada yang mau bangun dermaga, ada yang mau bangun sekolah dasar (SD), sekolah, ada tempat pemancingan, ada yang butuh perahu, banyak hal yang berbeda-beda. uangnya ada di kementerian lain,” imbuhnya.

Mendagri Tito juga meminta jajaran dan pekerja memposisikan fungsi BNPP seperti tenda. Artinya, seluruh pihak yang bekerja di BNPP akan terlindungi dari tenda tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri mengapresiasi kinerja dan kerja BNPP. Menurutnya, kerja keras tersebut sudah membuahkan hasil, namun perlu didorong hingga batas maksimal agar hasilnya lebih memuaskan.

“Satu hal lagi yang saya mohon bantuannya kepada rekan-rekan BNPP, selalu saya ulangi, [hasil kegiatannya] harus didengar masyarakat. Jika diketahui masyarakat, maka otomatis ada kemungkinan untuk dicintai masyarakat sehingga masyarakat mengetahui keberadaan tubuh tersebut. “Itu akan menimbulkan kebanggaan,” katanya. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Compass.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top