4 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Kanker Usus Besar

virprom.com – Kanker usus besar adalah salah satu kanker yang paling sering didiagnosis di Amerika Serikat setelah kanker kulit.

Setiap tahunnya, semakin banyak generasi muda yang terkena kanker ini.

Oleh karena itu, American Cancer Society mengurangi usia yang disarankan untuk skrining dari 50 menjadi 45 tahun pada tahun 2021.

Baca juga: Apa saja Gejala Kanker Usus Besar? Berikut 8 daftar…

Menurut situs Kementerian Kesehatan, kanker usus besar bermula ketika sel-sel di usus besar mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali dan membentuk tumor ganas.

Tumor dapat berkembang secara perlahan dari polip kecil yang tumbuh di dinding usus besar dan jika tidak diangkat maka polip tersebut dapat berkembang menjadi kanker.

Salah satu hal terpenting dalam mencegah dan mengobati kanker usus besar adalah nutrisi.

Seperti dilansir UCHealth, makanan yang Anda konsumsi dan gaya hidup Anda berdampak pada risiko kanker dan kemampuan tubuh Anda untuk mencegahnya.

Beberapa penelitian kanker menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, menjaga berat badan ideal, dan membatasi konsumsi alkohol dapat mengurangi risiko kanker usus besar atau kolorektal.

Pilihan makanan yang cerdas mengurangi risiko kanker usus besar.

Lihat juga: Apa yang dirasakan penderita kanker usus besar?

 

American Cancer Society merekomendasikan agar orang dewasa dan anak-anak memilih makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Beberapa praktik pencegahan kanker usus besar meliputi:

Perbanyak asupan serat seperti roti gandum atau nasi merah, kacang-kacangan seperti kedelai, lentil, kacang polong, kacang pinto, kacang hitam, dan kacang merah.

– Jaga pola makan bergizi, makan makanan nabati yang bervariasi seperti sayur mayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dll.

– Minum banyak air

– Konsumsi produk susu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top