Bahaya Menggunakan Rem Tangan Saat Macet di Tanjakan

JAKARTA, virprom.com – Menggunakan rem tangan (rem parkir) saat berhenti di tanjakan, terutama di tengah kemacetan, kerap dianggap sebagai cara yang aman dan praktis, terutama bagi pengemudi mobil bertransmisi manual.

Namun kebiasaan ini membawa risiko yang seringkali tidak kita sadari, terutama saat kita berhenti dan melewati jalan menanjak.

Menurut Sony Susman, pendiri Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), penggunaan rem tangan sebenarnya hanya untuk menjalankan fungsi parkir dan bukan untuk menahan kendaraan saat berhenti di jalan raya.

Baca juga: Jangan tunda penggantian wiper jika ban sudah rapuh

“Saat pengemudi menggunakan rem parkir, mereka merasa aman dan kecil kemungkinannya untuk mengemudi secara ugal-ugalan. “Aktivitas seperti ngobrol, minum minuman keras, atau merokok sering dilakukan meski ancamannya bisa terjadi kapan saja,” kata Sony kepada virprom.com baru-baru ini.

Sony menjelaskan bahwa salah satu bahaya utama penggunaan rem tangan di tanjakan adalah mengganggu respons pengemudi terhadap situasi darurat.

“Rem tangan bukanlah alat yang ditujukan untuk melakukan manuver cepat. Penggunaannya di tengah kemacetan membuat pengemudi terlambat bereaksi jika kendaraan di depan tiba-tiba bergerak atau kondisi jalan berubah, kata Sony.

Selain itu, penggunaan rem tangan pada kondisi seperti ini dapat meningkatkan keausan pada mekanisme pengereman sehingga dapat menurunkan efektivitas rem dalam jangka panjang.

Di tanjakan, penggunaan rem yang memadai sangat penting karena memerlukan ketelitian dan kendali penuh dari pengemudi.

Sony menyarankan agar pengemudi tetap menggunakan teknik yang lebih konvensional dan aman, yakni tetap menginjak pedal rem dengan kaki kanan dan menjaga kontrol kopling dengan kaki kiri.

Artinya, pengemudi selalu siap mengemudi dan dapat bereaksi lebih cepat jika ada kendaraan yang melaju di dekatnya. Berkat teknik ini, mobil tetap siap melaju tanpa harus menginjak rem tangan, jelasnya.

Baca Juga: Suzuki Gimick Untuk Calon Pelanggan V-Strom, Free Box dan Crash Belt

Bagi pengemudi yang merasa risih dengan teknik ini, berlatih di tempat yang aman bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengendalikan kopling dan rem secara bersamaan.

Dengan menguasai teknik ini, perjalanan Anda pasti akan lebih aman dan kondisi mobil Anda akan tetap optimal. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top