Dinamika Proses Wawancara Capim KPK, dari Tertutup ke Terbuka

JAKARTA, virprom.com – Tes wawancara calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berlangsung selama dua hari, yakni Selasa (17/9/2024) hingga Rabu (18). ). ) /9/ 2024).

Wawancara ini merupakan tahap lanjutan setelah 20 peserta dinyatakan lolos seleksi penilaian profil yang diumumkan panitia seleksi (panel) KPK pada pekan lalu.

Sedangkan tes wawancara pasangan dewasa dijadwalkan berlangsung mulai Kamis (19/9/2024) hingga Jumat (20/9/2024).

Baca Juga: Pansel KPK Sebut Tes Wawancara Seleksi Calon KPK Ketat dan Tegas

Pada hari pertama, beberapa peserta seperti Fitroh Rohcahyanto, Direktur Kejaksaan KPK dan Johan Budi Sapto Pribowo, mantan Juru Bicara KPK, menjalani tes wawancara.

Pada hari kedua, Deputi Pencegahan dan Pengawasan KPK Pahala Nainggolan dan Irjen Kementerian Pertanian Komjen Setyo Budiyanto juga mengikuti tes wawancara.

Tim panel yang menguji terdiri dari Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh, serta anggota lainnya, termasuk mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2003-2007 Taufiequrachman Ruki, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, dan mantan Ketua Dewan Etik Indonesia Corruption Watch (ICW) Danang Trisasongko.

Selain itu, tim panitia seleksi juga diisi oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2015-2019 Laode M Syarif, Profesor Ningrum Natasya Sirait dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), dan Guru Besar Ilmu Hukum. di Universitas Andalas Elwi Danil. Semula tes wawancara Capim KPK dilakukan secara tertutup

Pada hari pertama, tes wawancara Pimpinan KPK digelar secara tertutup. Namun Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak panel tersebut mengadakan tes wawancara terbuka.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menegaskan, masyarakat berhak mengetahui proses pemilihan Ketua KPK.

“Masyarakat berhak mengetahui apa yang dilakukan Panel, atau mungkin lebih khusus lagi, apa yang terjadi dalam proses wawancara seleksi calon komisioner dan juga calon dewan pengawas KPK,” kata Kurnia saat menjabat di Kementerian. bertemu dari kantor Menteri Luar Negeri. , Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca juga: Media Asing Ungkap Saat Kaesang Beri Pengarahan ke Komisi Pemberantasan Korupsi soal Jet Pribadi

Kurnia juga mengatakan, materi wawancara yang dianggap rahasia tidak boleh menjadi alasan untuk melakukan tes secara tertutup.

Dia menyarankan agar informasi pribadi, seperti kesehatan kandidat, diungkapkan dengan cara yang tidak melanggar privasi. Wawancara dengan Pimpinan KPK mendadak dirahasiakan

Di hari pertama, panitia seleksi tiba-tiba mengubah format dan menggelar tes wawancara terbuka saat giliran Johan Budi Sapto Pribowo tiba.

Johan menjadi peserta terakhir pada hari itu, setelah sembilan orang lainnya mengikuti tes wawancara yang dimulai pukul 08.30 WIB.

Pimpinan KPK yang mendapat tes wawancara tertutup antara lain Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Didik Agung Widjanarko, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Harli Sirgar, I Nyoman Wara, Ibnu Basuki Widodo, dan Ida Budhiati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top