Kata China Usai Filipina Rilis Video Kapal Mereka Ditabrak di Laut China Selatan

BEIJING, virprom.com – China angkat suara setelah Filipina merilis video yang menunjukkan kapal penjaga pantai China menabrak salah satu kapalnya saat terjadi pertempuran di Laut China Selatan.

China bersikeras pada Senin (2/9/2024) untuk mempertahankan haknya di Laut China Selatan.

Sebelumnya, kedua negara sempat saling tuding sengaja menjatuhkan kapal penjaga pantainya di dekat dasar Laut China Selatan pada Sabtu (31/08/2024).

Baca Juga: Filipina menuduh China menembakkan suar ke pesawatnya di Laut Cina Selatan

Insiden itu terjadi di lepas pantai Sabina Shoal yang disengketakan, yang terletak 140 km sebelah barat pulau Palawan, Filipina, dan sekitar 1.200 km dari pulau Hainan, Tiongkok, yang terdekat.

Rekaman video yang dirilis oleh Penjaga Pantai Filipina mengenai insiden tersebut menunjukkan sebuah kapal Tiongkok muncul di belakang kapal dan menabraknya.

Rekaman lain juga menunjukkan tabrakan yang tampaknya disengaja. 

Ketika ditanya tentang rekaman tersebut pada hari Senin, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning mengulangi klaim Beijing bahwa Filipina “sengaja membajak” kapal Tiongkok.

“Akar dari situasi saat ini, atau meningkatnya situasi saat ini, adalah karena Filipina mengirimkan kapal penjaga pantai untuk tinggal di Laguna Xianbin dalam waktu lama dan mencoba mendudukinya secara permanen,” kata Mao menggunakan bahasa Mandarin. nama sekolah.

“Tindakan Tiongkok di Terumbu Karang Xianbin merupakan tindakan melindungi hak untuk melindungi kedaulatan wilayah serta hak dan kepentingan navigasi yang sah dan sah,” imbuhnya seperti dikutip AFP.

Beijing mengklaim bahwa hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan penting secara ekonomi, meskipun ada klaim dari negara lain dan pengadilan internasional yang mengatakan klaim tersebut tidak memiliki dasar hukum.

Baca Juga: Filipina Sebut 2 Kapal Rusak Saat Kapal China Melarikan Diri ke Laut China Selatan

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina Jay Tarriela mengatakan tabrakan hari Sabtu itu adalah insiden “pelecehan” kelima yang dilakukan pasukan angkatan laut Tiongkok pada bulan Agustus.

  Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top