Standarisasi Perkuat Pengembangan EV Berkelanjutan

Jakarta, virprom.com – Keberlanjutan berbagai komponen seperti baterai dan pengisian kendaraan listrik (EV) di Tanah Air menjadi bagian penting untuk mempercepat percepatannya sebagai moda transportasi.

Menurut Zakiya, wakil produksi dan standardisasi di Badan Standar Nasional (BSN), hal ini akan meningkatkan koordinasi antar produsen dan mempercepat penerapan mobilitas listrik.

“Pada akhirnya, hal ini akan membangun kepercayaan konsumen,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jumat (27 September 2024).

Baca juga: Jadwal MotoGP Indonesia 2024, Sesi Latihan Dimulai Pagi Ini

“Dari sudut pandang BSN, penetapan standar kompatibilitas komponen EV, termasuk baterai, peralatan pengisian daya, dan protokol keselamatan, sangat penting untuk pengembangan industri secara keseluruhan,” lanjutnya.

Selain itu, pasar EV berkembang pesat. Oleh karena itu, standar nasional Indonesia harus disesuaikan dengan standar internasional untuk memastikan bahwa negara-negara lain di dunia juga mematuhi standar tersebut.

Pengembangan standar ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari perwakilan pemerintah, industri dan konsumen hingga para ahli di bidangnya.

Beberapa komite teknis nasional terkait EV antara lain Komite Teknis 43-02 (Kendaraan Listrik), Komite Teknis 29-06 (Keamanan dan Keandalan Listrik), dan Komite Teknis 29-07 (Kabel dan Konduktor Listrik), dan Komite Teknis 08-29 . (Listrik padam).

“Hingga Agustus 2024, dari 15.231 SNI yang ditetapkan BSN, sebanyak 11.890 masih bekerja langsung pada 38 SNI terkait langsung dengan EV dan 13 terkait aspek penggerak dan keselamatan baterai dan performa.”

Baca Juga: Kapan MG Cyberstar Dikirim ke Pelanggan Meski Disebutkan Jual Lebih Banyak Unit?

Beberapa diantaranya antara lain SNI ISO/TR 8713:2017 Kendaraan Listrik – Kosakata (ISO/TR 8713:2012, IDT). TS EN ISO 6469-2 Kendaraan listrik – Spesifikasi keselamatan – Bagian 2: Keamanan kendaraan

Selanjutnya SNI IEC 62660-1: 2017 Baterai Lithium-Ion Sekunder untuk Penggerak Kendaraan Listrik Bagian 1: Pengujian Kinerja. dan SNI IEC 61851-1: 2017 Sistem pengisian kendaraan listrik – Bagian 1: Persyaratan umum (IEC 61851-1: 2017, IDT, Eng).

BSN juga menyediakan Nomor Kontrol BSN. Mengelola proyek penilaian kesesuaian SNI di bidang produk elektroteknik, telekomunikasi dan optik, termasuk strategi penilaian kesesuaian berbagai produk EV dan saklar kendali jarak jauh elektromagnetik. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top