Istana: Upacara 17 Agustus di IKN Digelar Terbatas, Diprioritaskan untuk Masyarakat Lokal

JAKARTA, virprom.com – Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara digelar dalam jumlah terbatas.

Prioritas peserta upacara adalah masyarakat lokal Kalimantan Timur (Kaltim).

“Saya tegaskan kembali bahwa upacara IKN sangat-sangat terbatas dan mengutamakan masyarakat lokal di Kaltim, sekitarnya, serta Balikpapan dan Samarinda,” kata Pratikno, dilansir Sekretariat Presiden, Jumat (02/08/2024). ). .

“Dan karena pesertanya jauh di luar, berarti butuh transportasi, butuh akomodasi, baik transportasi antar kota maupun transportasi dalam Kaltim,” lanjutnya.

Baca Juga: Mantan Presiden Diundang Hadiri Upacara 17 Agustus di IKN, Undangan Disiapkan

Menyinggung kondisi pembangunan IKN yang masih berjalan dan infrastruktur yang masih terbatas, Pratikno meminta maaf kepada masyarakat yang berminat menghadiri upacara 17 Agustus di IKN.

Ia mengajak masyarakat untuk mengikuti upacara IKN tahun depan.

“Dengan segala pembatasan tersebut, dan kami sangat menyayangkan bapak dan ibu yang berminat untuk mengikuti IKN tahun depan sebaiknya menahan diri karena akan sangat-sangat terbatas,” kata Pratikno.

“Dan sebagian besar dari kami yang menghadiri upacara tersebut cukup lokal karena infrastrukturnya cukup terbatas,” tambahnya.

Baca juga: Upacara 17 Agustus dipimpin IKN Presiden Jokowi, dimulai pukul 11.00 WITA

Nantinya, upacara HUT RI di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai pembawa acara.

Presiden baru terpilih, Prabowo Subianto, juga akan masuk dalam agenda.

Menurut Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Cassetpress), seluruh sarana dan prasarana IKN saat ini telah siap untuk menjadi tuan rumah rangkaian acara peringatan 17 Agustus mendatang.

Mengingat pembatasan yang ada, Heru mengatakan, 1.000 peserta akan mengikuti upacara Hari Kemerdekaan RI pada pagi hari tanggal 17 Agustus.

Sementara itu, 1.000 peserta juga mengikuti upacara penurunan bendera pada sore harinya.

Selain 1.000 peserta setiap pagi dan sore, menurut Heru, aula utama akan menampung 380 peserta upacara.

Heru menambahkan, upacara di IKN akan dimulai pukul 11.00 (WITA) waktu setempat, disesuaikan dengan pukul 10.00 Jakarta (WIB).

Sebelum upacara dimulai, akan disuguhkan acara hiburan yang dimulai pukul 08.30 WIB, dirangkai dengan upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top