Korban Kecelakaan Lalu Lintas Masih Didominasi Usia Muda

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh mengimbau generasi muda aktif mengkampanyekan keselamatan jalan raya.

Hal tersebut disampaikan pada acara pemilihan mahasiswa pelopor bidang keselamatan lalu lintas dan transportasi jalan yang mengusung tema “Mobilitas berkelanjutan dan cerdas untuk meningkatkan keselamatan jalan raya di Indonesia”.

Menurut Amirulloh, berdasarkan data yang dihimpun Korlantas Polri, 15 persen korban kecelakaan adalah kalangan muda yakni berusia 15-19 tahun dengan total 33.833 orang pada tahun 2023.

Baca Juga: Jenis Kecelakaan Jalan yang Ditanggung Jasa Raharja

Sedangkan kecelakaan terjadi pada kelompok usia 20-24 tahun sebanyak 12 persen, yaitu 28.203 orang.

Fakta ini menunjukkan bahwa usia korban kecelakaan terbanyak adalah usia pelajar. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perilaku pengemudi seperti ngebut, ugal-ugalan, tidak memakai helm dan tidak menjaga jarak aman,” kata Amirulo dalam keterangan resminya. Selasa (10 September 2024).

Amirulo menjelaskan, keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Dalam amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pemerintah bertanggung jawab menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dan masyarakat wajib turut serta dan ikut serta dalam mewujudkan keselamatan, ketertiban, dan keamanan lalu lintas.

Oleh karena itu, Amirolloh menegaskan, angka kecelakaan di jalan raya yang terus meningkat setiap tahunnya juga menjadi tantangan besar bagi semua orang.

Baca Juga: Belajar dari Rentetan Kecelakaan Akibat Serangan Jantung Sopir Truk

Kami berharap sebagai pionir di bidang keselamatan, kiprahnya tidak hanya sebatas kata-kata, namun juga menunjukkan tindakan nyata dengan berusaha dan mengubah perilaku dan kebiasaan buruk di jalan.

Mahasiswa yang merupakan pionir di bidang keselamatan jalan raya dan transportasi jalan raya selanjutnya akan mempunyai banyak kesempatan untuk mempelajari dan meningkatkan pengetahuan keselamatan jalan raya serta teknik komunikasi dan sosialisasinya.

Dengan cara ini kedepannya kita dapat melaksanakan program kesadaran keselamatan jalan raya di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.

“Saya berharap dengan banyak komitmen dan kerja sama, kita dapat mengurangi angka kecelakaan dan menjadikan jalan raya menjadi tempat yang lebih aman bagi kita semua,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top