Soal PDI-P Masuk Kabinet Prabowo, Puan Maharani: Nanti Lihat pada Waktunya

JAKARTA, virprom.com – Ketua DPP PDI-P Puan Maharani meminta masyarakat menunggu keputusan akhir mengenai sikap yang diambil partai tersebut saat pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dimulai.

Hal itu diungkapkan Puan saat ditanya soal kabar PDI-P bisa masuk pemerintahan dan memasukkan beberapa orang ke kabinet.

Kita lihat nanti, singkatnya, Puan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senin (7/10/2024).

Saat dipastikan lebih lanjut keputusan tersebut akan diketahui pada 20 Oktober 2024 atau saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Puan membenarkan hal tersebut.

“Iya,” kata Ketua DPR itu.

Baca Juga: Soal Kemungkinan PDI-P Gabung KIM Plus, Hasto: Kewenangan Ny. Megawatt

Meski demikian, Puan tak membenarkan atau membantah saat ditanya nama beberapa kader PDI Perjuangan yang bakal masuk kabinet.

“Sampai jumpa lagi,” kata Puan.

Diberitakan sebelumnya, muncul beberapa nama calon menteri di kabinet pemerintahan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Yang disebut-sebut sebagai pendukung Prabowo Subianto bukan hanya berasal dari Aliansi Tertinggi Indonesia (KIM). Kabarnya ada calon menteri yang bukan berasal dari partai pengusung Prabowo.

Baca juga: PDI-P Dukung Rencana Prabowo Bentuk Kabinet Zaken

Nama PDI-P lain yang disebut-sebut masuk kabinet adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Monarki Abdullah Azwar Anas, Kepala Badan Intelijen Pemerintah Budi Gunawan, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Faktanya, PDI-P menjadi satu-satunya partai di parlemen yang belum memutuskan apakah akan bergabung atau keluar dari pemerintahan Prabowo-Gibran di masa depan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan pihaknya belum membahas secara internal kemungkinan petinggi PDI Perjuangan masuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

Menurut Said, seluruh jabatan masih menunggu instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait pandangan dan sikap partai pada pemerintahan selanjutnya.

“Tidak sama sekali. Baik Pak Budi Gunawan, Pak Olly, maupun Pak Anas, tidak ada pembicaraan di internal partai, dan tidak ada perintah dari ketua. Kita semua menunggu instruksi apa yang diberikan ketua,” kata wartawan pada Kamis (3/10/2024). Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top