Rangkuman Hari Ke-809 Serangan Rusia ke Ukraina: Usul Putin Ganti Menhan | Evakuasi 4.073 Orang dari Kharkiv

virprom.com – Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-809 pada Minggu (12/5/2024), ditandai dengan permintaan Presiden Vladimir Putin untuk menggantikan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Sementara itu, 4.073 orang dievakuasi dari Kharkiv, Ukraina, pasca invasi Rusia.

Berikut ringkasan konflik Ukraina-Rusia saat ini.

Baca juga: Putin Minta Rusia Modernisasi Senjata Selangkah Lebih Maju

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (12/5/2024) mengusulkan untuk mengganti Menteri Pertahanan Sergei Shoigu (68) dengan ekonom, Andrei Belusov.

Putin dipandang ingin mempersiapkan Rusia menghadapi perang ekonomi dengan mencoba memanfaatkan anggaran pertahanan dengan lebih baik, dan mencari cara baru untuk memenangkan perang di Ukraina.

Belusov (65) adalah Wakil Perdana Menteri Rusia. Dia mengambil jurusan ekonomi dan pernah mengawasi program drone Rusia.

Baca lebih lanjut di sini. 2. Invasi Ukraina ke Beograd, Rusia

Serangan udara Ukraina menyebabkan sebagian bangunan runtuh dan melukai sembilan orang di kota Beograd, di perbatasan Rusia.

Kantor berita RIA Novosti mengutip layanan penyelamatan yang mengatakan bahwa sebuah bangunan tempat tinggal runtuh akibat serangan Ukraina.

Kementerian Keadaan Darurat melaporkan bahwa 12 orang, termasuk dua anak-anak, berhasil diselamatkan dari reruntuhan.

Baca lebih lanjut di sini.

Baca juga: Bisakah Uni Eropa Memutuskan Hubungan dengan Presiden Putin? 3. Kebakaran di kilang Volgograd di Rusia

Sebuah rudal Ukraina menghantam kilang minyak di Volgograd, Rusia selatan, sehingga menyebabkan kebakaran di lokasi tersebut pada Minggu (12/5/2024).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah mencegat delapan drone, termasuk satu di Volgograd.

“Pada malam sebelum 12 Mei, angkatan udara dan pasukan peperangan elektronik berperang melawan drone di wilayah Volgograd,” kata Gubernur Andrey Bokhrov melalui Telegram.

Baca lebih lanjut di sini. 4. 4.073 orang dievakuasi dari Kharkiv

Rusia tiba-tiba menyerang perbatasan di wilayah Kharkiv Ukraina. Akibatnya, lebih dari 4.000 orang tersisa.

Demikian disampaikan Gubernur Kharkiv Oleg Singovov, Minggu (12/5/2024). Menurutnya, serangan Rusia tersebut bermula pada Jumat (10/5/2024).

“Sebanyak 4.073 orang dievakuasi,” tulis Gubernur Oleg Singovov di media sosial, sehari setelah pasukan Rusia mengatakan mereka telah merebut lima desa di wilayah tersebut.

Baca lebih lanjut di sini. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top