SpaceX Tiba di ISS, Misi Penyelamatan Astonot yang Terjebak di Orbit Dimulai

WASHINGTON DC, virprom.com – Kapsul SpaceX yang akan menyelamatkan dua astronot yang terdampar telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dua astronot, pilot Sunita “Suni” Williams dan komandan Barry “Butch” Wilmore, sedang dalam uji terbang ke ISS pada 5 Juni dengan pesawat ruang angkasa terbaru Boeing.

Mereka diperkirakan akan tetap berada di orbit selama delapan hari. Namun, masalah pada sistem propulsi Starliner membuatnya terdampar di luar angkasa selama berbulan-bulan.

Baca juga: NASA Meninggalkan Luar Angkasa pada Penerbangan Berikutnya untuk Menampung Astronot yang Terjebak di Orbit

Sky News melaporkan bahwa NASA mengonfirmasi pada bulan Agustus bahwa mereka tidak akan kembali ke Bumi hingga tahun 2025, dan bahwa SpaceX akan ditugaskan untuk menyelamatkan astronot selama penerbangan Crew Dragon.

Nick Hague dari Amerika Serikat dan Aleksander Gorbunov dari Rusia mengoperasikan kapsul tersebut, yang berlabuh di ISS pada pukul 17:30 EDT (sekitar pukul 22:30 waktu Inggris) pada hari Minggu setelah lepas landas pada Sabtu malam.

NASA mengatakan kapsul tersebut merapat ke ISS dalam kegelapan total saat melayang 260 mil di atas Botswana.

Kedatangan dua astronot baru berarti 11 orang akan tinggal di ISS, NASA mengumumkan.

Hague mengatakan sebelum peluncuran bahwa sesuatu selalu berubah dengan penerbangan luar angkasa.

“Kita menghadapi tantangan yang dinamis,” katanya setelah tiba di Cape Canaveral. “Kami saling mengenal dan kami profesional dan kami melakukan apa yang diminta dari kami.”

Wakil Manajer Program NASA Dina Contella mengatakan kedua astronot tersebut menyaksikan peluncuran SpaceX dari ISS. Williams bahkan bersorak, “Ayo naga!”

Sementara itu, Boeing Starliner lepas landas dari ISS pada bulan September dan terbang kembali ke Bumi tanpa awak. 

Baca Juga: Alasan NASA Mengandalkan SpaceX Ketimbang Boeing untuk Menjemput Astronot yang Terjebak di Orbit

NASA memutuskan bahwa kegagalan nosel dan kebocoran helium yang terjadi setelah peluncuran terlalu serius untuk membahayakan pilot uji kembali.

Pada konferensi pers dari luar angkasa di bulan yang sama, Williams dan Wilmore mengatakan stasiun luar angkasa telah menjadi tempat yang membahagiakan bagi mereka.

Baca Juga: NASA Putuskan Cara Membawa Kembali 2 Astronot yang Terjebak di Orbit, Begini Rencananya

“Begitulah cara bisnis ini berjalan,” kata Wilmore. “Anda harus membalik halaman dan melihat kesempatan kedua.”

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Periksa apakah Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top