Even Olahraga Berdampak Signifikan kepada Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

virprom.com – FIFA berkomitmen untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh penonton mulai dari stadion hingga media dan hotel di setiap ajang.

Hal tersebut diungkapkan Katrina Steinberg, Chief Security Officer FIFA, pada seminar “Menggunakan kekuatan olahraga dan nilai-nilainya untuk memperkuat kohesi sosial dan membangun ketahanan masyarakat melalui inisiatif damai” di Bali pada 1-3 Oktober 2024.

Katrina menjelaskan: “Misi kami adalah memastikan bahwa semua penggemar merasa aman dan nyaman selama pertandingan kami. Kami bekerja sama dengan otoritas setempat dan menciptakan kemitraan yang efektif untuk meminimalkan risiko di setiap level. Ayo kita lakukan.”

Steinberg juga menyoroti upaya FIFA untuk meninggalkan warisan positif di negara tuan rumah, dengan fokus pada transfer pengetahuan untuk memastikan acara di masa depan memenuhi standar keamanan tinggi FIFA.

Tak hanya FIFA, UEFA juga fokus pada elemen kunci keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Sekadar memberi gambaran, UEFA menyelenggarakan lebih dari 2500 pertandingan setiap tahun.

Baca juga: Pentingnya Crowd Management untuk Mencegah Serangan Teroris di Olahraga

Wakil presiden UEFA untuk keselamatan dan keamanan mengatakan: “Tujuan kami adalah menciptakan acara yang aman. Untuk mencapai tujuan ini, kami menekankan keselamatan sebagai fondasi dari semua operasi kami. Keselamatan sebagai kebutuhan dan layanan sebagai kunci untuk memastikan pengalaman positif. Ini untuk para penggemar.” Operasi keamanan, Juha Karjalainen.

Ia juga menekankan pentingnya pemantauan dan evaluasi keamanan di setiap pertandingan, serta melaporkan setiap insiden ke UEFA untuk diselidiki lebih lanjut.

Sementara itu, Brian Johnson, Kepala Akses dan Keamanan AFC, sangat prihatin dengan meningkatnya hooliganisme.

Untuk mengurangi risiko ini, Johnson menilai perlunya kerja sama dengan pemerintah daerah.

Brian menjelaskan: “Tanggung jawab utama kami adalah memastikan keamanan stadion dan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Jika ada kekhawatiran serius tentang keselamatan, kami tidak akan memulai pertandingan. Pelatihan dan kerja sama dengan ofisial sangat penting untuk mencapai tujuan ini .

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dekan School of Strategic and Global Studies (SSGS) Universitas Indonesia, Ator Soruto tentang pentingnya bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dalam perencanaan dan pelaksanaan event besar olahraga.

Ia menjelaskan, kesuksesan acara olahraga tidak hanya berdampak pada penyelenggara, tapi juga perekonomian masyarakat setempat.

“Acara olahraga besar mempunyai dampak yang signifikan terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Jika dikelola dengan baik maka ajang tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi semua pihak,” jelas Arthur Soruto.

Dia meminta seluruh pemangku kepentingan untuk memahami pentingnya keamanan dan kerja sama dalam menjaga kesuksesan dan keamanan acara olahraga.

  Dengarkan berita kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top