Sejarah, Tema Hari Pramuka 2024 dan Logonya

virprom.com – Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.

Tahun ini sekaligus memperingati HUT Pramuka ke-63. Tema Hari Pramuka 2024

Setiap tahunnya tema yang berbeda diciptakan. Berdasarkan laman resmi Pramuka, sesuai dengan Keputusan Triwulanan Gerakan Pramuka Nasional Nomor: 104 Tahun 2024 tentang Tema dan Logo Gerakan Pramuka Tahun ke-63, maka tema Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 adalah “Pramuka yang Berjiwa Pancasila yang melindungi Pemerintahan Indonesia”.

Topik ini dipilih dengan tujuan untuk menciptakan citra positif Pramuka di Indonesia dan agar setiap orang tetap mempunyai semangat Pancasila dan ikut serta membela Pemerintah Indonesia.  Sejarah Hari Pramuka

Pramuka merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Kata Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya anak muda yang gemar bekerja.

Pramuka mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Pramuka pertama kali dimulai sejak awal berdirinya Pramuka pada tahun 1923 di Indonesia pada saat Indonesia masih dikuasai Belanda.

Hal ini ditandai dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) (Belanda) di Bandung. Sedangkan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) (Belanda) didirikan di Jakarta pada tahun yang sama.

Kedua organisasi pendahulu Pramuka di Indonesia ini kemudian bersatu dengan nama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926.

Seiring berjalannya waktu, organisasi kepanduan di Indonesia terus berkembang dan bertambah. Seperti Persatuan Pramuka Indonesia (IPINDO), Persatuan Pramuka Indonesia (POPPINDO), Persatuan Pramuka Indonesia (PERKINDO) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menghindari kekurangan organisasi, hal inilah yang menyebabkan Presiden Sukarno mengumumkan pembubaran seluruh organisasi pramuka di Indonesia dan kemudian menggabungkannya menjadi organisasi baru yang diberi nama Gerakan Pramuka berbendera melalui Keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961.

Pada tanggal 20 Juli 1961, anggota Persatuan Pramuka Indonesia membuat pernyataan di Gedung Olah Raga Senayan untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka. Oleh karena itu disebut Hari Janji Pramuka.

Setelah itu, pada tanggal 14 Agustus 1961, Kepanduan diumumkan secara resmi kepada masyarakat dalam sebuah upacara di Gedung Pemerintah. Ditandai dengan penyerahan bendera Gerakan Pramuka dari Presiden Sukarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwon IX yang juga merupakan ketua pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Tanggal 14 Agustus kemudian diumumkan sebagai Hari Pramuka dan diperingati setiap tahunnya oleh seluruh Pramuka dengan bendera Hari Pramuka 2024.

Arti Logo : Angka 6 dan angka 3 melambangkan angka 63 tahun. Angka 6 merupakan hasil stilisasi kelopak kuncup dan angka 3 yang menunjang logogram kuncup menjadi satu. logo Pramuka

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top