Alasan Kenapa Mobil Tua Lebih Rawan Terbakar

KLATEN, virprom.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang memperbolehkan masyarakatnya menggunakan mobil tanpa batasan waktu. Jadi selama mobil dirawat dengan baik, masih bisa dikendarai.

Namun, karena sebagian besar bahan baku mobil adalah logam, korosi adalah yang paling sulit dilakukan. Meski mobil sudah dirawat dengan baik, mobil tua rentan mengalami kerusakan, termasuk di sekitar tangki bahan bakar.

Susanto, pemilik Bengkel Las Mobil Byat, Klaten, mengatakan sebagian besar pelanggan yang membutuhkan jasanya adalah mobil yang pernah mengalami tabrakan dan sudah tua.

Baca juga: SPBU Banyumas Ditutup Sementara Setelah 2 Mobil Terbakar

“Bodi mobil jika disentuh harus diperbaiki agar bentuk dan fungsinya berubah, termasuk mobil tua yang tahan terhadap korosi. Salah satu perbaikan bodi karena keropos adalah dengan menyulam atau menambalnya dengan pelat baru. dikatakan Susanto di virprom.com, Senin (23/9/2024).

Susanto mengatakan, bagian mobil yang tidak bisa terhindar dari kerusakan adalah tangki bahan bakar, sehingga mobil tua harus terlindungi dari kebocoran.

“Walaupun kecil, kebocoran bensin dapat menimbulkan bencana yang besar, apalagi pada mobil yang sudah tua, kemungkinan besar akan terjadi permasalahan kelistrikan seperti perbaikan yang asal-asalan, rangkaian kelistrikan yang kurang lancar dan sejenisnya,” kata Susanto.

Baca juga: Fakta Mobil Terbakar di SPBU Fati, 1 Orang Meninggal Dunia dan Diduga Korsleting

Menurut Susanto, kebocoran bensin pada mobil sangat mudah menimbulkan kebakaran jika bertemu dengan percikan api dari sistem kelistrikan mobil yang buruk.

Menurut Susanto, mobil tua memerlukan perawatan ekstra karena permasalahan muncul karena faktor yang lebih kompleks, termasuk usia. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top