Jakarta Harusnya Terapkan KIR Kendaraan Pribadi Bukan Pembatasan Usia

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Pembangunan Daerah Asosiasi Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan pengurangan usia mobil bukanlah cara yang tepat untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Sebab strategi ini hanyalah upaya memotong bagian pemasaran. Padahal, masalah kontak dan polusi udara berada di urutan teratas, seperti infrastruktur dan kemampuan masyarakat untuk bertransportasi.

“Menurut saya, tes KIR sebaiknya hanya dilakukan pada mobil pribadi seperti yang dilakukan di banyak negara. Selama ini kita hanya menggunakannya pada mobil umum seperti bus,” ujarnya kepada virprom.com, Sabtu ( 6) /7) / 2024).

Baca juga: Mendominasi Kerumunan Motor, Cara Jitu Mengalahkan Kemacetan di Jakarta

Dengan adanya uji KIR, kata Djoko, pemerintah dan instansi di bawahnya bisa mengidentifikasi kendaraan apa saja yang sudah tidak layak pakai. Mulai dari mengeluarkan asap yang melebihi batas hingga menimbulkan kecelakaan.

Oleh karena itu, kemampuan berkendara tidak hanya berkaitan dengan pengemudinya (SIM), tetapi mobil harus diperiksa secara berkala oleh pemerintah dan instansi terkait lainnya, ”ujarnya.

“Daripada mengendalikan umur kendaraan, saya rasa langkah ini lebih tepat dibandingkan menggunakan aturan pengaturan lalu lintas yang telah dikembangkan sebagai ERP,” tambah Djoko.

Sekadar informasi, tes KIR merupakan serangkaian tes diagnostik atau pengujian pada kendaraan yang dilakukan untuk mengukur performa. Secara umum, kendaraan perlu mendapatkan uji KIR yang telah beroperasi lebih dari lima tahun.

Baca Juga: Cara Sederhana Mengetahui Jika Anda Berada di Titik Buta Truk

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009, kendaraan yang diperiksa KIR antara lain mobil sewaan, taksi, kendaraan pribadi sewa sepeda motor atau travel online, bus, mobil dan truk muatan, truk, pick up, dan mobil patroli.

Jadi biasanya tes KIR hanya untuk mobil yang berpelat nomor kuning.

Berikut beberapa faktor yang diperiksa dalam uji KIR;

* Fungsi lampu dan transmisi tenaganya * Gas ​​buang * Tingkat kebisingan mobil * Penyetelan sistem kemudi * Sasis mobil * Penyetelan speedometer * Sistem pengereman * Sistem rem parkir * Kedalaman tapak ban mobil * Spion mobil * Fungsi mesin karburator dan girboks * Pengoperasian klakson Dengarkan berita dan pilihan berita kami langsung ke perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top