Pengertian RAM, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

virprom.com – Pengguna yang sedang meneliti komponen komputer mungkin perlu mengetahui pengertian RAM dan beberapa pengetahuan dasar lainnya. RAM atau kependekan dari Random Access Memory adalah perangkat yang umum digunakan di komputer.

Tidak hanya komputer, RAM juga sering digunakan pada perangkat seluler seperti laptop atau ponsel. Pada perangkat tersebut, termasuk komputer, RAM berperan penting dalam mendukung pemrosesan data atau perintah.

Baca juga: Pelajari tentang Perangkat Penyimpanan, Lengkap dengan Jenis, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Untuk lebih memahami peran ini, penting bagi pengguna untuk mengetahui beberapa dasar tentang RAM. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa hal mendasar terkait RAM, seperti pengertian RAM, fungsinya, cara kerjanya, hingga jenis-jenisnya.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan RAM? Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut silahkan simak penjelasan dibawah ini mengenai Pengertian RAM sebagai salah satu komponen yang terdapat pada komputer dan perangkat lainnya. Memahami RAM

Asal tahu saja, jika dilihat dari komponen komputernya, RAM dibedakan menjadi perangkat pengolah dan perangkat penyimpanan. Pasalnya, RAM dapat membantu dalam pengolahan dan juga berperan dalam menyimpan data.

Secara definisi, RAM adalah komponen perangkat keras pada perangkat komputer yang menyediakan ruang penyimpanan data sementara untuk pemrosesan sistem operasi, pemrosesan perangkat lunak atau aplikasi, dan pemrosesan data lainnya.

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sementara, khususnya agar processor atau pemroses pada suatu perangkat komputasi seperti komputer dapat mengakses data tersebut dengan cepat. Oleh karena itu, RAM bertugas menyimpan data yang akan dikirimkan ke prosesor.

Jika dianalogikan, RAM memiliki peran serupa sebagai gudang penyimpanan barang untuk diproses. Sekadar informasi, komputer dapat terdiri dari berbagai jenis memori termasuk ROM, RAM, dan hard disk.

Diantara sekian banyak jenis memori, RAM tergolong memori utama karena mempunyai peranan dalam menunjang proses komputasi pada komputer. RAM biasanya memiliki kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat dibandingkan harddisk.

Namun penyimpanan data di RAM hanya bersifat sementara alias tidak stabil. RAM hanya menyimpan data saat komputer hidup. Jika komputer mati atau kehilangan daya, maka data yang tersimpan di RAM juga akan hilang.

Skema penyimpanan data di RAM sangat berbeda dengan penyimpanan sekunder seperti harddisk, dimana di dalam harddisk data akan tersimpan secara permanen alias selamanya, meski komputer mati.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian RAM yang digunakan pada komputer dan perangkat komputasi lainnya seperti laptop atau handphone. Dalam pengertian ini, RAM sering disamakan dengan ROM.

Namun sebenarnya kedua jenis memori tersebut berbeda. Lalu apa perbedaan antara RAM dan ROM? Untuk lebih jelasnya dibawah ini penjelasan mengenai perbedaan RAM dan ROM sebagai memori pada perangkat komputer. Perbedaan RAM dan ROM

Sekadar informasi, ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Di komputer, RAM dan ROM sama-sama diklasifikasikan sebagai memori utama. Namun pada prinsipnya kedua jenis memori ini memiliki fungsi yang berbeda.

RAM mempunyai fungsi sebagai penyimpan data sementara untuk diproses oleh processor. Sedangkan ROM berfungsi untuk menyimpan data awal, kode, atau instruksi untuk memuat atau menjalankan komputer saat pertama kali dihidupkan.

Selain fungsinya yang berbeda, skema penyimpanan antara RAM dan ROM juga berbeda. Skema penyimpanan pada RAM bersifat volatil yang artinya data akan hilang atau hilang ketika komputer dimatikan.

Sedangkan skema penyimpanan di ROM bersifat immutable, artinya data tetap tersimpan secara permanen meskipun komputer mati. Namun ROM berbeda dengan Harddisk. Karena data di ROM biasanya hanya bisa dibaca saja, tidak bisa ditulis atau ditambah.

Berikut beberapa perbedaan RAM dan ROM yang perlu Anda ketahui. Seperti yang telah disebutkan di atas, RAM memiliki fungsi penting bagi perangkat komputer. Lalu apa sebenarnya fungsi RAM pada komputer? fungsi RAM

Ada beberapa fitur RAM yang harus Anda ketahui. Secara umum seperti yang telah dijelaskan pada penjelasan pengertian RAM di atas, RAM mempunyai fungsi sebagai penyimpan data sementara untuk diproses.

Dengan begitu, RAM juga mempunyai fungsi untuk mempercepat pengolahan data. Berikut penjelasan lebih detail mengenai beberapa fungsi RAM pada komputer dan perangkat komputasi lainnya. 1. Simpan data sementara

RAM menyimpan data sementara yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan aplikasi, perangkat lunak, dan sistem operasi. Data ini hanya ada saat komputer menyala. Saat membuka suatu aplikasi, data dan instruksi yang tersimpan di RAM dapat diakses dengan cepat. 2. Membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan

Karena memiliki kecepatan akses yang jauh lebih cepat dibandingkan penyimpanan sekunder seperti hard disk, RAM membantu akses yang lebih cepat terhadap data yang harus diproses di prosesor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top