Toyota Sebut Bioetanol di Kendaraan Bisa Merangsang Daya Beli Masyarakat

KARAWANG, virprom.com – Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan penggunaan dan pengembangan bioetanol sebagai bahan bakar campuran pada kendaraan akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Hal ini disebabkan pengolahan bioetanol melibatkan berbagai sektor, khususnya pertanian. Mengingat bahan bakunya berasal dari jagung, singkong, ubi jalar, sagu, tebo, gandum, dan sorgum.

“Sehingga akan terbentuk ekonomi sekuler,” ujarnya saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: Jadwal MotoGP San Marino 2024, Sesi Latihan Dimulai Hari Ini

“Kami ingin industri otomotif memiliki siklus yang positif. Ketika industri otomotif meningkat maka penggunaan bahan bakar seperti bioetanol meningkat sehingga pendapatan petani tebu, jagung dan lainnya meningkat. Kalau kelapa sawit bisa, itu siklus positif. Petani tebu dan lain-lain juga bisa,” lanjut Bob. .

Oleh karena itu, ia berharap langkah pemerintah dalam menggalakkan berbagai jenis energi terbarukan, termasuk bioetanol, semakin intensif, khususnya bagi presiden terpilih.

“Kita punya banyak sumber energi seperti bioetanol, biodiesel, dan hidrogen. Kita punya banyak biomassa yang bisa diubah menjadi hidrogen yang perlu dikembangkan ke depan,” kata Bob.

Toyota sendiri sudah mulai memproduksi beberapa kendaraan berbahan bakar etanol dan sudah mengekspornya ke beberapa negara. Saat ini termasuk pengembangan E-100 atau Ethanol 100 sehingga bahan bakar fosil dapat dikurangi.

Baca Juga: Apakah Ada Batasan Menyalakan AC Saat Mobil Diparkir?

“Pemerintahan baru harusnya bisa membawa optimisme, sektor energi bisa membawa optimisme baru. Kita lihat pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2002-2012 lebih dari 6 persen. Ini akan menggerakkan kelapa sawit yang mencakup 5 juta petani,” kata Bob.

“Kalau itu bisa direplikasi di bioetanol, pendapatan per kapita bisa naik 2-3 kali lipat, pendapatan Brazil naik dari US$7.500 menjadi US$12.000,” kata Bob. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top