Tips Mendukung Orang yang Jadi Korban Kekerasan

virprom.com – Membantu dan memberikan dukungan kepada korban kekerasan tidak selalu mudah. Kita bisa fokus untuk menyediakan ruang yang aman dan tidak menghakimi, memastikan mereka tahu bahwa mereka tidak sendirian.

Kekerasan dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Kekerasan ini dapat berupa kekerasan emosional, fisik, seksual, finansial, dan spiritual. Seringkali, kekerasan melibatkan pengabaian dan intimidasi.

Banyak korban pelecehan merasa bahwa merekalah yang harus disalahkan. Mereka mungkin pernah mengalami gaslighting atau penolakan terhadap pengejaran mereka.

Hal ini dapat menurunkan harga diri dan membuat seseorang sulit terbuka terhadap apa yang dialaminya karena takut menerima reaksi serupa dari orang lain.

Penting bagi mereka untuk percaya bahwa perasaan yang mereka alami itu sahih. Saat berbicara dengan mereka, cobalah untuk menyertakan kata-kata yang bermanfaat; “Aku percaya padamu”, “Itu bukan salahmu”, atau “Aku senang kamu memercayaiku dan berani mengatakannya padaku.”

Baca Juga : Mengenal Kekerasan Verbal dan Jenisnya

Bersabarlah

Menciptakan ruang yang aman dan tidak menghakimi agar mereka merasa didukung sangatlah penting.

Cobalah menjadi pendengar yang aktif dan biarkan mereka mengungkapkan perasaannya. Tidak mudah bagi korban kekerasan untuk membuka diri.

Sebaiknya hindari bereaksi terhadap perasaannya dengan menyuruhnya mengambil keputusan segera, seperti melaporkan pelaku kekerasan ke polisi atau memaksanya pergi.

Bersabarlah karena penelitian menunjukkan bahwa korban memerlukan waktu untuk move on dari pelakunya. Ikuti jadwal yang mereka miliki dan berikan nasihat bila diperlukan.

Kami dapat membantu Anda menyusun rencana keselamatan untuk melindungi Anda jika keadaan meningkat.

Langkah-langkah ini termasuk membuat daftar kontak darurat (teman, keluarga atau tempat penampungan) dan menentukan tempat yang aman untuk dituju jika terjadi evakuasi yang aman.

Baca juga: Ini Dampak Psikologis dari Pelecehan Anak Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top