33 Orang Tewas akibat Badai Helene Terjang Tenggara AS

WASHINGTON DC, virprom.com – Badai Helena yang menyebabkan banjir mengancam sebagian besar wilayah tenggara AS. Jumat (27/9/2024).

Sedikitnya 33 orang tewas akibat badai yang membanjiri permukiman, memicu tanah longsor, dan mengancam bendungan.

Badai Helena juga menyebabkan lebih dari empat juta rumah dan tempat usaha tanpa aliran listrik.

Baca Juga: 14 orang tewas akibat badai salju di Tennessee, AS

Seperti diberitakan Reuters pada Sabtu (28/9/2024) di Tennessee, kekhawatiran akan runtuhnya bendungan di dekat kota Newport mendorong para pejabat memerintahkan evakuasi di kawasan pusat kota.

Selain itu, bendungan lain di Carolina Utara berada di ambang jebol.

Sebelum bergerak ke utara melalui Georgia dan ke Tennessee dan Carolina, Badai Helena menghantam wilayah Big Bend Florida sebagai badai Kategori 4 yang kuat pada hari Kamis pukul 11:10 waktu setempat dengan kecepatan angin 225 km/jam.

Badai tersebut menenggelamkan perahu-perahu di pelabuhan, menumbangkan pohon, menenggelamkan mobil, dan membanjiri jalan.

Pada Jumat sore, badai tersebut telah diturunkan menjadi depresi tropis dengan kecepatan angin maksimum 55 kn/jam, kata Pusat Badai Nasional.

Baca Juga: 9 orang tewas akibat salju lebat dan badai di Afghanistan

Namun, hujan deras yang disebabkan oleh Helena masih mengakibatkan banjir besar di banyak daerah, dan polisi dan petugas pemadam kebakaran melakukan ribuan penyelamatan air di negara bagian yang terkena dampak.

Sementara itu, lebih dari 50 orang terjebak di atap sebuah rumah sakit di Unicoi County, Tennessee pada Jumat sore saat air banjir menggenangi komunitas pedesaan.

Pejabat negara kemudian mengatakan orang-orang itu berhasil diselamatkan.

Di tempat lain di Tennessee, Wali Kota Cocoa County Rob Mathis menulis di media sosial bahwa Bendungan Walters telah jebol dan kawasan di dekat pusat kota Newport, yang berpenduduk 36.000 orang, akan dievakuasi.

Namun, Badan Manajemen Darurat Tennessee menulis di media sosial bahwa Bendungan Walters, yang terletak di seberang garis negara bagian di North Carolina, tidak gagal.

Badan tersebut mengatakan informasi tersebut berasal dari Duke Energy, yang mengoperasikan bendungan tersebut.

Di Carolina Utara bagian barat, pejabat darurat di Rutherford County memperingatkan penduduk di dekat Bendungan Danau Lure untuk segera pindah ke tempat yang lebih tinggi, dan menyebutnya sebagai “bendungan akan segera jebol”.

Baca Juga: Lebih dari 2.000 penerbangan dibatalkan di AS, Midwest karena badai salju

Di dekat Buncombe County, tanah longsor memaksa penutupan Interstate 40 dan 26, kata county tersebut di X. Lihat berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top