Seberapa Keras Volume TWS atau Headset yang Aman agar Pendengaran Tak Terganggu?

virprom.com – Perangkat audio seperti TWS (True Wireless Stereo), headphone atau earphone banyak digunakan pengguna untuk mengakses hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dll.

Banyak pengguna yang memilih TWS atau headphone karena perangkat tersebut dapat memberikan pengalaman mendengarkan berkualitas tinggi dengan suara yang kaya dan detail.

Baca selengkapnya: Fitur tersembunyi di iOS ini sangat bagus untuk pengguna iPhone yang ingin menjaga kesehatan mata.

Dengan begitu, mendengarkan musik atau bermain game menjadi lebih menarik. Meski mungkin terdengar menarik. Namun penggunaan headphone dan perangkat audio lainnya justru dapat memberikan dampak buruk pada pendengaran penggunanya.

Headphone bervolume tinggi dapat merusak pendengaran Anda. Beberapa tanda gangguan pendengaran akibat penggunaan headphone atau TWS dengan volume tinggi adalah: Telinga berdenging, meletup, atau berdenging. Kesulitan mendengar di lingkungan ramai atau bising Kesulitan memahami suara orang lain Suara harus didengar dengan volume tinggi.

Masalah gangguan pendengaran akibat mendengar suara yang terlalu keras sebaiknya dihindari. Karena ini adalah masalah yang menumpuk sepanjang hidup. Seperti dikutip dari situs resmi University of Utah Medical Education Center, AS.

Yang berarti Jika mengalami perubahan pendengaran sementara, di kemudian hari pengguna mungkin akan mengalami gangguan pendengaran yang terjadi pada tingkat dan waktu yang lebih rendah karena gangguan pendengaran.

Untuk menghindari gangguan pendengaran yang berbahaya, pengguna yang suka memakai headphone atau TWS harus mengetahui seberapa keras headphone mereka agar aman. Jadi berapa tingkat volume headphone? Volume headphone yang aman

Kate Johnson, pakar medis di bidang pendengaran atau audiologi di Universitas Utah mengatakan: Suara yang didengar telinga dari alat tersebut, semakin keras. Itu hanya menyebabkan gangguan pendengaran.

Baca selengkapnya: Cara menggunakan headphone tanpa merusak telinga

Perlengkapan audio masa kini mampu menghasilkan tingkat suara hingga 120 dBA.

Sedangkan dBA (A-weighted desibels) merupakan satuan ukuran intensitas suara yang memperhitungkan sensitivitas telinga manusia terhadap frekuensi tertentu.

Mendengarkan suara dengan volume 120 dBA dapat merusak pendengaran Anda dalam hitungan detik. Intensitas suara yang dianggap aman bagi pendengaran manusia adalah sekitar 65 – 85 dBA.

Intensitas bunyi pada kisaran ini sama dengan bunyi ucapan manusia normal. Jika digunakan dengan perlengkapan audio, pengguna dapat menjaga volume pada atau di bawah maksimum 60 persen untuk menghindari kerusakan pendengaran.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi di ponsel yang dapat mengukur level suara, misalnya saja aplikasi level suara NIOSH di iPhone atau sound meter di ponsel Android, pengguna bisa menggunakannya untuk memastikan suaranya tidak melebihi batas aman.

Selain mengatur volume headphone pada tingkat yang aman, Pengguna juga harus memperhatikan durasi penggunaan untuk melindungi pendengarannya. Jadi berapa lama aman menggunakan headphone? Seberapa amankah menggunakan headphone?

James E. Foy, spesialis ortopedi anak Menurut American Osteopathic Association, paparan headphone keras dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada anak-anak dan remaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top