Google Mulai Sebar Fitur Anti-Maling di HP Android

virprom.com – Google akhirnya merilis fitur anti maling bernama “Theft Protection” untuk pengguna perangkat Android 10 ke atas.

Google sebenarnya mengumumkan fitur tersebut pada acara tahunan Google I/O 2024 pada Mei lalu, namun baru dirilis ke pengguna pada awal Oktober melalui Layanan Play.

Berbeda dengan Temukan Perangkat Saya, yang membantu pengguna melacak dan mengelola perangkat yang hilang dari jarak jauh, Anti-Pencurian adalah fitur berbasis perilaku aktif yang dirancang untuk mendeteksi upaya pencurian dan secara otomatis mengunci perangkat dalam mode cermin.

Pengguna yang sudah memiliki anti maling dapat menemukan fitur ini dari Setelan > Google > Semua layanan, lalu gulir layar ke bawah hingga menemukan menu “Privasi dan keamanan perangkat”. Dari sini pengguna yang mendapatkannya akan melihat menu anti maling.

Baca Juga: Cara Melacak HP Android Los dan Menemukan Perangkat Saya

Pada menu ini pengguna juga akan mendapatkan penjelasan singkat mengenai beberapa fitur anti maling. Misalnya, fitur “kunci deteksi pencurian” akan mengunci layar secara otomatis ketika perangkat terdeteksi dicuri oleh orang lain.

Kemudian, fungsi “Remote Lock” akan mengunci layar ponsel jika hilang atau dicuri menggunakan nomor telepon pengguna. Jadi bagaimana cara kerjanya? Keamanan otomatis

Google secara umum membagi sistem anti maling menjadi dua jenis, manual atau jarak jauh. Untuk kategori perlindungan otomatis, terdapat fungsi kunci anti maling dan kunci perangkat offline.

Dilaporkan 9to5google, fitur kunci anti maling akan bekerja menggunakan sensor perangkat, WiFi, dan koneksi dari perangkat, jika perangkat tidak sengaja dicuri dan ponsel tidak terkunci.

Baca juga: Cara Cepat Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri Menggunakan Google Maps

Jadi, ketika perilaku ini terdeteksi, fitur ini akan secara otomatis mengunci layar untuk mencegah orang lain mengakses data pribadi Anda atau data penting lainnya di ponsel Anda.

Sementara itu, fungsi kunci perangkat offline hanya akan berfungsi jika seseorang mencuri ponsel pengguna dan menonaktifkan koneksi internet untuk mencegah pelacakan lokasi. Namun Google juga memberikan beberapa catatan agar tugas ini dapat dilakukan secara otomatis, berikut rinciannya: Mengunci dari jarak jauh.

Dalam mode ini, pengguna dapat mengunci perangkat secara internal melalui fitur Remote Lock.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu mengunjungi halaman android.com/lock untuk membuka kunci ponsel. Pengguna harus memberikan nomor telepon pada ponsel yang hilang/dicuri dan melakukan tindakan pengamanan lengkap. Proses ini bisa dilakukan melalui ponsel yang dianggap bisa diandalkan.

Google menguji program ini untuk pengguna Android termasuk Pixel dan Samsung Galaxy di Brasil pada Juni 2024.

Namun fitur serupa kini sudah diluncurkan di wilayah lain, demikian lapor KompasTekno dari 9to5google, Senin (7/10/2024).

Menurut KompasTekno saat artikel ini ditulis, tindakan anti maling belum ada di Indonesia. Ketersediaannya bisa lambat, seperti pembaruan aplikasi pada umumnya. Mari kita tunggu. Dengarkan pilihan Injil dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top