Hari Ini Setahun Perang Israel-Hamas, Berikut Tanggal-tanggal Pentingnya

virprom.com – Perang Israel-Hamas yang dimulai pada 7 Oktober 2023 memberikan dampak yang besar bagi Timur Tengah dan masyarakat internasional.

Israel juga menargetkan Hizbullah Lebanon, sekutu Hamas dan Houthi di Yaman.

Namun, wilayah yang terkena dampak paling parah adalah Jalur Gaza, Palestina, tempat perang antara Israel dan Hamas berkecamuk.

Baca juga: Pemimpin Hamas dan Keluarganya Tewas dalam Penggerebekan Israel di Lebanon

Diketahui, perang dimulai pada 7 Oktober 2023, ketika serangan Hamas ke Israel menewaskan 1.189 orang.

Dikutip dari Perancis, Senin 24 (7/10/2024) Hari ini tepat satu tahun peringatan perang Israel-Hamas. Hari penting di tahun-tahun perang Israel-Hamas

Berikut tanggal-tanggal penting konflik antara Israel dan Hamas: 7 Oktober 2023

Pada Oktober 2023, Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya melancarkan serangan baru terhadap Israel dari Jalur Gaza.

Serangan itu mengakibatkan sedikitnya 1.189 kematian dan penculikan 251 orang, termasuk 44 orang diculik dari New Crossing dan setidaknya 74 orang, menurut data Israel dari Kibbutz Nir Oz.

Peristiwa paling kelam bagi Israel dimulai pada pukul 18:29. Hamas, yang memerintah Jalur Gaza sejak 2007, menyebut serangan itu sebagai “banjir Al-Aqsa” dari Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Sekitar 5.000 roket ditembakkan ke Israel selatan pada hari Sabat, ketika negara tersebut merayakan hari terakhir hari raya Sukot.

Hamas mengirimkan puluhan pasukan keamanan komando bersenjata ke seluruh Gaza, yang menculik, menyiksa dan membunuh orang-orang dari segala usia dan ras.

Menurut angka Israel, 1.189 orang tewas. 251 orang lainnya disandera oleh komunitas kibbutzim di Jalur Gaza, serta oleh New Minds Tribe.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan negaranya dilanda perang yang mengerikan. 8 Oktober 2023

Israel melancarkan “Operasi Pedang Besi”, yang melancarkan pemboman besar-besaran di Jalur Gaza. Sekitar 30.000 pusat dikumpulkan hanya dalam 48 jam.

Baca juga: Harta Karun Arkeologi dari Jalur Gaza Akan Dipamerkan di Swiss pada 3 Oktober 2023

Israel bergerak untuk “menyelesaikan pendudukan” di Gaza Wilayah pesisir, yang merupakan rumah bagi sekitar 2 juta warga Palestina, telah berada di bawah pendudukan Israel sejak tahun 2007, setelah Hamas berkuasa di Jalur Gaza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top