Kunci Selamat Saat Berkendara di Jalan, Harus Sabar

Jakarta, virprom.com – Kebanyakan kecelakaan sepeda motor di jalan raya disebabkan oleh ketidaksabaran pengemudi. Mereka cenderung berakselerasi, tanpa menjaga jarak, kecuali jika terlibat tabrakan.

Tentu miris, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar kematian akibat kecelakaan disebabkan oleh pengendara sepeda motor. 

Berbicara mengenai banyaknya kecelakaan di jalan raya, Kepala Bidang Peningkatan Keselamatan Jalan Vana Agus Sani mengatakan, pola pikir yang harus dimiliki agar aman di jalan raya adalah dengan menghilangkan segala rasa egois.

Baca juga: Pengendalian Sambungan Kendaraan Listrik Jangan Jadi Borgol Teknologi.

“Dalam berkendara sebaiknya kita mengutamakan keselamatan daripada kecepatan karena terkadang penundaan sedetik pun bisa menyelamatkan kita,” kata Agus kepada virprom.com, Selasa (30/7/2024).

Agus menjelaskan, pengemudi yang ngebut bisa meningkatkan kecepatan kecelakaan. Sayangnya, masih ada pengemudi di jalan yang kurang sabar, merasa menguasai jalan, dan terlalu percaya diri, padahal kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Lihat saja di persimpangan lampu merah, banyak pengendara yang selalu ingin mendahului, bahkan melewati batas, kata Agus.

Baca juga: Lampu Mobil Buatan Pabrik Kurang terang, bisa pakai lampu aftermarket.

Selain itu, tanda-tanda pengemudi sedang terburu-buru juga terlihat saat kemacetan lalu lintas. Mereka memilih berjalan di pinggir jalan, sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan.

“Membangun kebiasaan berkendara yang aman dan disiplin tidak bisa instan, harus dilakukan sejak dini. Berikan pembelajaran dan pemahaman dari sekolah, agar ketika mulai mengemudi sudah terbiasa,” kata Agus.

Kebiasaan baik tersebut akan lebih sulit diturunkan kepada lansia. Mereka biasanya sudah menerima apa yang salah, sehingga sulit untuk diubah. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top