Duga PDI-P Sedang Ditekan, Pengamat: Megawati Tak Punya Pilihan Kecuali Mendekat ke Kekuasaan

JAKARTA, virprom.com – Pengamat politik Teddy Gurnia Sia menduga ada banyak tekanan terhadap PDI-P sehingga pertemuan antara Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI-P Meghwati Soekarnoputri dijadwalkan dalam waktu dekat.

Dia menuturkan, tekanan besar mulai muncul ketika PTI-P seolah tak punya kebebasan dalam menentukan pasangan calon kunci daerah pada Pilkada Serentak 2024.

“Kalau membaca gerak politik PTI-P yang seolah-olah mendapat tekanan penuh di Pilpres, bahkan keputusan PTI-P untuk mengusung calon terkesan tidak independen, mungkin pertemuan Prabowo-Meghawati ini tepat,” kata Teddy Kompas. com, Selasa (10/9/2024) kata.

Artinya, Megawati tidak punya pilihan selain tetap dekat dengan kekuasaan untuk menjamin keamanan dan kelangsungan PTI-P di masa depan, lanjutnya.

Baca Juga: Pidato Istimewa Prabowo-Meghawati, Salam Jelang Pelantikan dan Rencana Reuni

Namun, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu mengingatkan, berdasarkan rekam jejaknya, Megawati akan sulit bergabung dengan partai yang mengalahkan PTI-P dalam pemilu.

Misalnya, Megawati dan partainya dikalahkan pada pemilu 2004 oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), seorang senior Partai Demokrat dari Partai Demokrat.

Kalau kita baca catatannya, hanya tekanan belaka yang membuat Megawati harus berhadapan dengan Prabowo setelah pertarungan sengit, kata Teddy.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Kerindra Ahmed Musani mengatakan pertemuan Megawati dan Prabowo akan berlangsung pada 20 Oktober 2024 jelang pelantikan presiden.

Ia mengatakan, rencana pertemuan Megawati dan Prabowo sebenarnya sudah digagas sejak Prabowo menang pada Pilpres 2024.

Insya Allah terwujud. Mudah-mudahan (sebelum pelantikan), kata Musani saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Baca juga: PDI-P Salahkan Mulyono soal Anis Tak Maju di Pilkada Jabar

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua DPP PDI-P Phuan Maharani.

Namun, Phuan enggan memastikan waktu pertemuan tersebut.

Ya, Insya Allah ada (pertemuan). Ya, kalau waktunya pasti teman-teman media tahu, kata Buan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top