Jokowi dan SBY Sepakat Dukung Penuh Pemerintahan Baru Pimpinan Prabowo

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo menyatakan telah sepakat dengan Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mendukung pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran. Manajemen Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pernyataan bersama SBY usai keduanya bertemu di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/9/2024).

Kata Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu, “Kami juga sepakat, saya dan Pak SBY akan memberikan dukungan penuh kepada pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.”

Namun, Jokowi menegaskan, tidak ada pembahasan mengenai dinamika politik terkini dalam pertemuannya dengan SBY. 

SBY baru saja mengumumkan peran barunya sebagai Penasihat Khusus Kemitraan Global untuk Menghilangkan Malaria.

Baca Juga: Temui Jokowi, Laporan SBY Ditunjuk Penasihat Khusus Aliansi Global Penghapusan Malaria

“Itu tugas Pak SBY (debat),” kata Jokowi sambil tersenyum.

Sementara itu, SBY mengatakan wajar jika dirinya mengumumkan penugasan barunya kepada presiden. Katanya, ini bagian dari etika politik.

Ia mengatakan, pekerjaan ini sangat penting karena memiliki tanggung jawab internasional dalam pemberantasan malaria.

Mengingat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia baru-baru ini, penyakit malaria bisa bertambah parah jika tidak segera ditangani.

“Ini etika politik karena siapa pun yang punya peran di dunia internasional, apalagi saya mantan presiden, harus menyampaikan hal itu kepada presiden saat ini.”

Di sisi lain, SBY mengatakan Indonesia berkepentingan untuk menurunkan angka malaria di Tanah Air. Ia juga berjanji untuk secara aktif melibatkan Asia Pasifik dalam upaya ini.

“Saya pamit pergi ke New York selama kurang lebih seminggu untuk membicarakan hal ini. Tentu saya juga akan menginformasikan kepada Pak Prabowo, presiden terpilih, karena tahun depan akan ada pertemuan puncak di Indonesia dan presidennya tetap Pak Prabowo. “Presiden tahun ini”, jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, SBY bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (21/9/2024) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pertemuan ini tidak biasa karena digelar di Istana Kepresidenan Jakarta saat hari raya. Biasanya Presiden Jokowi memilih memanfaatkan hari libur untuk berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: Temui Jokowi Usai Tampil di Pestapora, SBY Tampil Bagus dan Tebar Senyuman

Pantauan virprom.com di lapangan, SBY hadir di ruang utama Istana Merdeka pada pukul 10.53 WIB. Ia tampil dengan kemeja batik berwarna coklat dan celana hitam.

Selamat pagi, sapa SBY sambil tersenyum kepada rombongan media.

Presiden Jokowi menyambut SBY di depan pintu. Sebelum mereka berdua memasuki ruang pertemuan, mereka saling menikmati.

Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih yang sering ia kenakan dengan celana panjang berwarna hitam.

Setelah itu keduanya memasuki ruang pertemuan dengan meja besar dan 12 kursi di sekelilingnya. SBY dan Jokowi duduk di dua kursi pertama dan melanjutkan perbincangan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top