Sering Nyeri di Wajah? Waspadai Neuralgia Trigeminal, Ini Kata Dokter

virprom.com- Sakit pada wajah tidak boleh dianggap remeh. Seseorang yang sering merasakan nyeri pada bagian wajah disarankan untuk mewaspadai trigeminal neuralgia.

Hal tersebut diungkapkan dokter spesialis saraf/neurologi Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Mahar Mardjono, Jakarta, dr. Astranovita SPS.

Baca juga: Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal adalah kelainan saraf kronis yang menyebabkan nyeri hebat di wajah.

Nyeri ini berasal dari saraf trigeminal, saraf sensorik wajah utama yang mengirimkan impuls sentuhan, nyeri, tekanan, dan suhu ke otak.

“Kalau nyerinya menjalar ke wajah, bisa tiba-tiba, nyeri sekali, tajam, kadang terasa banyak atau terbakar, intensitasnya seperti nyeri hebat dan biasanya menyerang satu sisi. wajah,” Austranovita, Minggu (7/10/2024), seperti ditulis Antara.

Baca juga: Sengatan Listrik Seperti Linu Panggul atau Penyebab Sakit Pinggul

Menurut Mayo Clinic, sentuhan sekecil apa pun saat menyikat gigi atau merias wajah bisa menyebabkan benjolan yang menyakitkan. Neuralgia trigeminal bisa berlangsung lama. Kondisi ini disebut dengan kondisi nyeri kronis.

Orang dengan neuralgia trigeminal mungkin mengalami nyeri ringan sementara pada awalnya.

Namun, kondisi ini bisa memburuk, menyebabkan periode nyeri yang lebih lama dan lebih sering. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dan orang berusia di atas 50 tahun.

Gejala neuralgia trigeminal mungkin mencakup satu atau lebih pola berikut:

– Episode parah dan menyakitkan yang terasa seperti sengatan listrik; – Episode nyeri saat menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau menyikat gigi. – Episode nyeri berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan atau lebih lama. Beberapa orang mengalami menstruasi tanpa rasa sakit. – Nyeri pada daerah yang disebabkan oleh saraf trigeminal. Tempat-tempat tersebut adalah pipi, rahang, gigi, gusi atau bibir. Jarang, mata dan dahi bisa terpengaruh – rasa sakitnya terkonsentrasi di satu sisi wajah. Atau rasa sakitnya mungkin lebih luas. – Jarang nyeri saat tidur. – Episode nyeri yang menjadi lebih sering dan intens seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Gejala Gangguan Jantung, Nyeri Dada, dan Batuk Berkepanjangan

Astria mengatakan, nyeri akibat kelainan tersebut bisa terjadi secara spontan atau dipicu oleh aktivitas sehari-hari seperti makan, mencuci muka, dan menggosok gigi.

Ia menemukan bahwa ada penyakit lain dengan gejala serupa, termasuk nyeri yang disebabkan oleh gigi atau sinus yang tidak normal.

Oleh karena itu, Austria menganjurkan segera berobat dan berkonsultasi dengan dokter jika gejala tersebut muncul, agar kelainan tersebut dapat segera ditangani.

Salah satu upaya deteksi dini dapat dilakukan dengan penggunaan magnetic resonance imaging (MRI) pada wajah.

“Kenapa harus MRI? Karena penyebab trigeminal neuralgia bisa diketahui, ada 3 penyebab penyakit ini,” ujarnya.

Astria menyebutkan, ada tiga jenis kelainan trigeminal neuralgia, yaitu kelainan klasik atau trigeminal yang disebabkan oleh tekanan pembuluh darah, sekunder akibat penyakit lain yang mendasarinya, dan idiopatik atau tanpa sebab.

Oleh karena itu, ia mengatakan pengobatan penyakit ini akan meringankan nyeri saraf pasien dan kemudian operasi akan menjamin kesembuhan.

Ia mengatakan, tingkat keberhasilan operasi untuk gejala tersebut sangat tinggi, dengan tingkat keberhasilan berkisar antara 62 hingga 89 persen, dan tingkat kekambuhan kurang dari 2 persen dalam 5 tahun setelah operasi.

“Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui secara pasti apa penyebab penyakit yang Anda alami. Jangan merasa down atau tertekan karena kita tidak sendirian. Kita bersatu untuk menyembuhkan kelainan ini,” kata Astravati. . Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top