Cara Menghindari Rem Mobil Macet Saat Musim Hujan

SOLO, virprom.com – Saat musim hujan tiba, pemilik mobil sebaiknya lebih memperhatikan kondisi dan perawatan kendaraannya, terutama rem mobil.

Pasalnya, rem mobil bisa macet dan tidak berfungsi dengan baik sehingga membahayakan pengemudi dan penumpang.

Oleh karena itu, pemilik mobil harus berhati-hati agar terhindar dari masalah kunci rem saat musim hujan.

Ivan, Pemilik Ivan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan rem mobil tidak selalu terjadi saat musim hujan, namun bisa saja terjadi.

Baca Juga: Hyundai punya 3 model lagi yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2024

“Tidak selalu menyebabkan rem aus, tapi bisa macet seiring berjalannya waktu,” kata Ivan kepada virprom.com, Sabtu (5/10/2024).

Ivan menjelaskan, hal tersebut bisa disebabkan oleh kotoran dan karat akibat air hujan yang menempel pada kampas rem dan cakram atau tromol.

Jadi tidak cukup hanya sekedar mencuci atau menyiram sisa-sisa banjir, sebaiknya rem belakang diservis setelah banjir selesai, kata Ivan.

Selain itu, Evan juga mengatakan pemilik mobil tidak bisa mengaktifkan rem tangan sampai tempat parkirnya aman.

Baca juga: Ini Akibat Jika Air Radiator Mobil Dibiarkan Keruh

Pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, Machlis juga mengatakan, setelah mobil diguyur hujan, sebaiknya rem tangan tidak diaktifkan.

“Setelah hujan, sebaiknya jangan aktifkan rem tangan jika sudah parkir lama, kampas rem akan menempel karena berkarat dan rem terkunci,” kata Michlis. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top